Bupati Buleleng Tekankan Pentingnya Kolaborasi Dalam Pengembangan Wisata di Desa - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/14/22

Bupati Buleleng Tekankan Pentingnya Kolaborasi Dalam Pengembangan Wisata di Desa


Buleleng, dewatanews.com - Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menekankan bahwa kolaborasi menjadi penting dalam upaya pengembangan sektor pariwisata di desa. Salah satunya melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di masing-masing desa wisata.

Hal itu dikatakannya saat menghadiri acara Gebyar dan Pengukuhan Pokdarwis Banyuasrep di Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Minggu (14/8).
 
Agus Suradnyana menjelaskan hal yang penting dalam upaya memajukan desa adalah menjaga hubungan yang harmonis antar desa yang berdampingan. Sehingga seluruh potensi yang ada di masing-masing desa tersebut dapat digali dan dikembangkan secara maksimal. Salah satunya pada sektor wisata. Sebuah desa tidak akan bisa berdiri sendiri untuk dapat meningkatkan daya tarik wisatanya. Sehingga dari Desa Munduk, Gesing, Umejero, Banyuatis, Kayuputih dan Bengkel itu harus barsatu lewat Pokdarwis. 

“Saya juga minta bentuk dewan Pokdarwis, yang terus mendiskusikan kepentingan desa-desa tersebut. Akhirnya danau kita miliki bersama, sungai, sawah. Itu harus didiskusikan sehingga Banyuatis bisa menjadi kawasan desa wisata, bukan hanya desa wisata saja,” ujar Agus Suradnyana.

Bupati yang juga asal Desa Banyuatis ini menambahkan masing-masing desa tersebut harus menggali seluruh kemampuan yang dapat dilibatkan dalam kegiatan kepariwisataan. Baik itu belajar bahasanya, keramahtamahan, hingga kebudayaannya. Saat ini pariwisata berbasis lingkungan sedang menjadi tren di Bali. Sehingga di Buleleng ini harus berbeda dari daerah lain. Dengan menonjolkan kekayaan alam yang dimiliki. 

“Ingat jargon Buleleng tourism is different. Kalau disini ada kelas memasak, coba buat yang berbeda. Misalnya bahan masakannya untuk vegetarian. Yang penting semuanya harus serius. Jangan hanya sekedar saja. Kita harus cerdas dalam mencari celah untuk mengembangkan potensi yang kita miliki di desa,” imbuh Agus Suradnyana.
 
Sementara, Ketua Panitia Gebyar Pokdarwis Banyuasrep Desa Banyuatis Kadek Supartika menjelaskan kegiatan ini juga digelar untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Pokdarwis Banyuasrep nantinya akan mengembangkan wisata alam dengan ikon air terjunnya. Termasuk kuliner khas Desa Banyuatis. Serta menampilkan seni dan budaya. 

“Kami akan selalu menerima saran dan masukan dari seluruh pihak melalui kolaborasi antar Pokdarwis. Semoga kedepan Pokdarwis Banyuasrep dapat meningkatkan pendapatan desa melalui seluruh kegiatan kepariwisataan yang disuguhkan,” tutupnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com