Ny. Cok Ace Ikuti Prosesi Melasti di Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

7/11/22

Ny. Cok Ace Ikuti Prosesi Melasti di Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang

Lumajang, dewatanews.com - Istri Wakil Gubernur Bali Ny. Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati (Ny. Cok Ace) mengikuti prosesi melasti serangkaian karya pujawali Pura Mandara Giri Semeru Agung, Senduro, Lumajang Jawa Timur. Prosesi melasti yang berlangsung pada Senin (Soma Pon Wuku Pahang)  11 Juli 2022 juga dihadiri Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka D, S.IK., M.H. 

Membaur dengan Umat Hindu yang datang dari Bali dan wilayah Senduro dan sekitarnya, Ny. Cok Ace dan Kapolres Lumajang Dewa Putu Eka turut mengikuti iring-iringan pralingga Ida Betara yang ditempatkan pada tiga buah jempana. Prosesi melasti dilaksanakan ngubeng di pelinggih beji yang letaknya bersebelahan dengan pelinggih utama. Hal ini karena situasi yang belum memungkinkan untuk melaksanakan secara langsung ke Watu Klosot. Melasti bertujuan untuk menyucikan pralingga Ida Betara sebelum kalinggihang di Gedong Suci. Setelah ditempatkan di pelinggih masing-masing, Ida Betara katuran ayaban. 

Sebelum prosesi melasti, pada pagi harinya telah dilaksanakan upacara mecaru, melaspas tetangunan, nuwur betara tirta, odalan di Pura Watu Klosot sekaligus nunas tirta yang digunakan untuk mensucikan pralingga Ida Betara dalam prosesi melasti.  

Seluruh prosesi dipuput oleh tiga orang sulinggih yaitu Ida Pedanda Baturiti, Ida Pedanda Wanayoga dan Ida Pedanda Selat Duda. 

Sehari sebelumnya, Minggu (Redite Paing Wuku Pahang), 10 Juli 2022, Ny. Cok Ace ngaturang ayah ngias sarana upakara. Membaur dengan pengayah lainnya, Ny. Cok Ace dengan tekun memasang hiasan pada salah satu sarana upakara.

Untuk diketahui, puncak karya pujawali di pura ini akan digelar pada Budha Kliwon Pahang, Rabu (13/7) dan nyejer hingga panyineban pada Redite Uma nis Merakih, Minggu (24 Juli 2022).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com