Wayang Wong Griya Jelantik Delod Pasar Sanur Siap Tampilkan Setubanda di PKB - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/12/22

Wayang Wong Griya Jelantik Delod Pasar Sanur Siap Tampilkan Setubanda di PKB


Denpasar, dewatanews.com - Duta Seni Kota Denpasar dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV tahun 2022 kembali mendapatkan pendampingan dan pembinaan dari tim pembinaan Pemkot Denpasar. 

Pada Rabu malam (11/5) bertempat di Balai Banjar Pekandelan Sanur, Wayang Wong Griya Jelantik Delod Pasar, Sanur mendapatkan pembinana dari tim pembina Dinas Kebudayaan Kota Denpasar. Dalam pembinaan ini dihadiri Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana dan menyerahkan secara simbolis dana pembinaan. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kadis Kebudayaan Denpasar, Raka Purwantara, Camat Denpasar Selatan I Made Sumarsana, dan tokoh masyarakat desa setempat. 

Sekda Alit Wiradana memberikan apresiasi atas persiapan dan semangat para seniman Wayang Wong Gria Delod Pasar Sanur serta para pembina yang telah memberikan pendampingan. 

"Persiapan yang telah dilaksanakan, telah memberikan gambaran kepada para pembina dari Dinas Kebudayaan Kota Denpasar tentang penampilan nanti pada ajang PKB," ujar Alit Wiradana. Disampaikan pula bahwa beberapa catatan dari pembinaan ini dapat ditindaklanjuti dengan baik, serta dapat memberikan penegasan dan penjiwaan dalam penampilan pementasan nanti. Alit Wiradana juga mengharapkan kepada para seniman Wayang Wong untuk selalu menjaga kesehatan, kekompakan dan semangat dalam mempersiapkan penampilan di ajang PKB tahun ini.

Sementara pembina Wayang Wong, I Made Dana menyampaikan bahwa keberadaan Wayang Wong Griya Jelantik Delod Pasar Sanur menjadi sebuah warisan  sejarah  dengan ciri khas dan warna dari tapel Wayang Wong ini belum pernah diganti. Hingga berkesempatan tampil di ajang PKB tahun ini yang mendorong generasi muda untuk memberikan warna dalam pelestarian kesenian klasik ini. 

"Penabuh hingga penari dalam pementasan wayang wong kita perkuat dengan memberikan dorongan kepada generasi muda, serta langkah ini juga tidka terlepas dari program Pemkot Denpasar dalam pelestarian kesenian klasik," ujarnya. 

Dijelaskan pula bahwa penampilan pada ajang PKB nanti, Wayang Wong Jelantik Delod Pasar Intaran Sanur akan membawakan cerita Setubanda. 

Sementara tim pembina, Nyoman Suarsa menyampaikan penampilan para seniman Wayang Wong yang secara keseluruhan dari generasi muda ini telah mampu menampilkan garapan sesuai dengan sinopsis yang disampaikan dalam kisah Setubanda. Tentu kami mengingatkan kepada para penari untuk terus menguatkan setiap karkater dan penjiwaan Wayang Wong yang diperankan. 

"Kami apresiasi kepada Pemkot Denpasar dan juga Griya Delod Pasar Sanur yang telah memberikan perhatian kepada kesenian Wayang Wong sebagai salah satu kesenian yang klasik dan langka saat ini," ujarnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com