Di Pura Mengening Tampaksiring,  Kodam IX / Udayana Telusuri Jejak Sejarah - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/27/22

Di Pura Mengening Tampaksiring,  Kodam IX / Udayana Telusuri Jejak Sejarah


Gianyar, dewatanews.com - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., kepada seluruh prajurit, PNS dan keluarga besar Kodam IX/Udayana memberikan sambutan dalam acara Syukuran HUT ke 65 Kodam IX/Udayana di  Pura Mengening, Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, pada Jumat (27/5).

Sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dipilihnya Pura Mangening sebagai tempat syukuran Hari Ulang Tahun Kodam IX/Udayana kali ini, menurut Pangdam mempunyai alasan bahwa Pura Mangening adalah tempat bersejarah yang digunakan Raja Udayana untuk melakukan Moksa atau lepas dari keterikatan dan terbebas dari kehidupan duniawi menuju kehidupan selanjutnya.

Kemashyuran Raja Udayana dalam pengembangan kebudayaan Bali dari aspek filsafat, agama, sosial budaya, hukum, gender, dan politik pemerintahannya yang sangat baik tersebut, juga tersiar pengaruhnya hingga ke wilayah Nusa Tenggara, sehingga dipilihlah nama Raja Udayana sebagai ikon Komando Daerah Militer di Bali dan Nusa Tenggara, yang kini bernama Kodam IX/Udayana.

Sehingga nama Kodam IX/Udayana yang berkaitan erat dengan jejak sejarah kepemimpinan Raja Udayana dijadikan sebagai tauladan para Prajurit Kodam IX/Udayana dalam melaksanakan tugas pengabdiannya di wilayah Bali Nusra, termasuk salah satu tempat bersejarah yang diwariskan oleh Raja Udayana yang pada hari ini digunakan sebagai tempat digelarnya acara syukuran HUT Kodam.

Acara syukuran yang dilakukan secara sederhana dan dirangkai dengan Wisuda Purnawira Prajurit Kodam IX/Udayana Tahun 2022 tersebut, digelar pada Jumat (27/5/2022) dengan diawali pembacaan sejarah Kodam IX/Udayana serta pemutaran video terkait kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam rangkaian pelaksanaan HUT ke 65 Kodam IX/Udayana.

Dalam sambutannya, Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., mengucapkan selamat ulang tahun, terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada segenap Prajurit, Persit dan PNS Kodam IX/Udayana atas pelaksanaan tugas dan pengabdian yang telah diberikan selama ini kepada Kodam IX/Udayana, TNI, Bangsa dan Negara.

"Semoga peringatan Hari Ulang Tahun kali ini, dapat dijadikan sebagai sarana untuk semakin menumbuhkan jiwa korsa serta rasa cinta dan rasa memiliki terhadap satuan tempat kita mengabdi. Jadikan momentum HUT ke 65 Kodam IX/Udayana untuk melakukan introspeksi diri terhadap pelaksanaan tugas, sekaligus sebagai wahana untuk meningkatkan soliditas dan semangat pengabdian," ujar Pangdam.


Lebih lanjut disampaikan Pangdam, bahwa acara syukuran kali ini, dirangkai juga dengan acara Wisuda Purnawira Prajurit Kodam IX/Udayana Tahun 2022. Pangdam mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Purnawirawan yang telah menunjukkan loyalitas dan dedikasi selama mengabdi di TNI Angkatan Darat, khususnya di Kodam IX/Udayana.

"Harapan saya, walaupun para Purnawirawan saat ini sudah tidak terikat lagi dengan kedinasan, namun hubungan silaturahmi agar tetap terjalin dengan baik diantara kita dan tetap menjadi Prajurit Praja Raksaka sejati yaitu prajurit yang selalu mengayomi dan melindungi rakyat dalam kehidupan sosial kemasyarakatan," harap Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga menyebutkan beberapa rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka HUT ke 65 Kodam IX/Udayana, diantaranya Bakti Sosial Vaksinasi dan Donor Darah, Matur Piuning di Pura Mengening, Pitra Puja I Gusti Ngurah Rai, Penjamasan Pataka di Pura Durga Kutri dan Ziarah ke TMP Margarana, serta Golf Turnamen dan Bakti Sosial yang akan dilaksanakan pada 4 Juni 2022 mendatang.

"Beberapa kegiatan yang dilaksanakan tersebut sangat relevan dengan Tema Peringatan HUT Ke-65 Kodam IX/Udayana Tahun 2022 yaitu Kodam IX/Udayana Hadir di Tengah Masyarakat, Bersinergi untuk Mengatasi Kesulitan Rakyat di Tengah Pandemi Covid-19, Ciptakan Masyarakat Bali Nusra Aman, Damai dan Sejahtera. Semoga makna yang terkandung dalam Tema tersebut dapat menjadi inspirasi dan motivasi seluruh keluarga besar Kodam IX/Udayana," demikian tegas Pangdam.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Pangdam IX/Udayana beserta ibu didampingi Kasdam IX/Udayana beserta ibu, yang selanjutnya diserahkan kepada Prajurit berprestasi Kodam IX/Udayana yang diwakilkan oleh Prada Antonius Manto Obisuru dari Kesatuan Hubdam IX/Udayana. Kemudian, penyerahan Piagam Penghargaan kepada Purnawira Kodam IX/Udayana dan Prajurit berprestasi Kodam IX/Udayana.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut diantaranya Irdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Dansat/Kabalakdam IX/Udayana, Ketua PEPABRI dan LVRI Prov. Bali, Muspika Tampaksiring, Staf Desa Tampaksiring, Tokoh Adat Saraseda, serta undangan lainnya. (DN - StY)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com