Secara Simbolis, Gubernur Koster Serahkan Set Top Box Kepada Masyarakat Bali - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

3/13/22

Secara Simbolis, Gubernur Koster Serahkan Set Top Box Kepada Masyarakat Bali


Denpasar, dewatanews.com - Gubernur Bali Wayan Koster menyerahkan secara simbolis Set Top Box (STB) TV Digital kepada Kelompok Rumah Tangga Miskin di halaman Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Jumat (11/3). 

Penyerahan dilaksanakan  setelah Gubernur Bali Wayan Koster menerima secara resmi STB TV Digital sebanyak 2.000 unit dari Nusantara TV dilokasi yang sama. 

Jumlah tersebut menurut Gubernur Bali merupakan tahapan awal dari total 76.000 yang akan disalurkan oleh PT. Pos Indonesia secara bertahap hingga 30 April 2022.

Atas penyaluran tersebut, Gubernur Bali menyatakan antusiasmenya dalam mendukung perubahan program siaran TV dari analog ke digital. 

"Saya betul - betul kaget atas penyaluran ini, karna saya juga tidak mengetahui sebelumnya akan ada distribusi peralatan seperti ini yang jumlahnya tak tanggung - tanggung 76 ribu. Yang tentunya akan sangat membantu masyarakat di Bali dalam mengakses siaran TV, karena tanpa alat ini masyarakat tidak akan lagi bisa mengakses siaran apabila tanpa alat ini. Masyarakat akan terkejut apabila peralihan sistem siaran dari analog ke digital ini sudah dilaksanakan," cetus Gubernur Bali. 

Mewakili Pemerintah Provinsi Bali dan masyarakat Bali, Gubernur Bali Wayan Koster pun menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas penyaluran peralatan tersebut dari Nusantara TV yang akan dikerjakan oleh PT. Pos Indonesia selaku pemenang tender. 

"Melalui bantuan ini kami berharap masyarakat mendapatkan jangkauan akses penyiaran yang lebih optimal, sebagai bagian mencerdaskan kehidupan masyarakat di Bali dalam mendapatkan informasi melalui siaran TV, " ujar Gubernur asal desa Sembiran Buleleng yang sebelumnya menjabat anggota DPR RI ini. 

Dalam mendukung pemerataan akses informasi di seluruh wilayah Bali, Gubernur Bali kala itu juga berkesempatan menyampaikan rencana pembangunan Tower Turyapada, yang tingginya mencapai 115 meter yang berada di ketinggian sekitar 1.521 diatas permukaan laut. 

Saat ini rencana tersebut menurut Gubernur Bali masih dalam tahap tender, dan direncanakan mulai dibangun bulan April depan. Walau dalam bentuk tower terpadu, pembangunan tahap awal akan diutamakan untuk pemancar siaran TV, sehingga bisa mendukung peralihan sistem penyiaran tersebut. 

Pihak Nusantara TV kala itu menyampaikan penyerahan Set Top Box sebagai bantuan dari Nusantara TV kepada masyarakat Bali, sesuai dengan ditunjuknya Nusantara TV sebagai pelaksana multiplexer dari penyiaran di Provinsi Bali.

Penyerahan STB merupakan tindak lanjut dari adanya migrasi sistem ke penyiaran digital mulai 30 April 2022, untuk menghindari ketidakpahaman masyarakat saat siaran TV analog diputus.
 
Untuk diketahui, STB diperuntukkan bagi keluarga kurang mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial RI. Untuk Bali sendiri, tercatat sebanyak 76 ribu warga masuk dalam daftar DTKS tersebut. 

Dijelaskan lebih lanjut oleh pihak Nusantara TV, bahwa pemasangan STB langsung kerumah - rumah warga akan dilaksanakan oleh PT. Pos Indonesia. 

Acara penyerahan turut dihadiri Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Bali Gede Pramana, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Bali Gede Agus Astapa dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com