Pendidikan dan Budaya Pembentuk Karakter Pelajar - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

3/19/22

Pendidikan dan Budaya Pembentuk Karakter Pelajar


Denpasar, dewatanews.com - Kondisi pendidikan saat ini yang mengalami banyak perubahan yang disebabkan dari perkembangan zaman yang terus-menerus menuju era yang semakin modern. Hal tersebut tentunya memiliki kelebihan dan juga kekuranganya masing-masing,  saat ini dengan peralatan serta internet yang menunjang aktivitas pelajar dalam menempuh Pendidikan memberikan kemudahan akses bagi pelajar untuk belajar. 

I Wayan Phala Suawara, guru SMA Negeri 3 Denpasar  menyadari bahwa kemudahan saat ini dalam proses belajar dan mengajar di sekolah. Namun ia  juga menyadari, terdapat kekurangan dari segi perkembangan karakter dari pelajar itu sendiri. 

“Dengan keadaan saat ini, proses belajar mengajar secara daring membuat siswa malas dalam melakukan sesuatu hal atau kurang produktif” ujarnya.  

Walaupun terbatas sekolah online saat ini tentu hal tersebut bukan menjadi alasan bagi para siswa untuk bermalas-malasan saat di rumah, banyak siswa saat ini sudah meninggalkan kedisiplinannya karena sekolah online, seperti jarang memperhatikan penampilan saat kelas berlangsung, tidak menaati peraturan yang ada, serta tidak sopan. 

Hal itulah yang membuat ia merasa pelajar saat ini, perlu diberikan  pemahaman serta bimbingan budaya sopan santun,  tata krama serta etika.  Proses  kegiatan  Budaya Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki perilaku pelajar dan juga pemahaman mengenai kebudayaan yang ada, tentunya di Bali sangat erat hubunganya dengan adat istiadat. 

Dengan mengenalkan adat istiadat daerah di sekolah tanpa membedakan agama yang ada tentu pelajar dapat memahami arti dari saling menghormati dari kebudayaaan yang ada. Pemahaman menganai budaya ini tentu dapat mengubah sedikit demi sedikit karakter dari pelajar agar paham mengeai adap serta  norma  yang ada. 

Menurutnya memang sulit awalnya untuk proses kegiatan budaya ini dapat berlangsung dengan optimal. Dengan seiring berjalannya waktu ada beberapa kegiatan yang kita lakukan sebagai pihak sekolah buat untuk pelajar agar  semakin aktif dalam mengikuti kegiatan budaya ini dengan lomba yang diadakan pihak sekolah. Serta sekolah sudah bisa tatap muka, saat ini  pelajar dapat dengan mudah mengikuti  aturan serta  norma  yang berlaku disekolah. 

Hasil  pembentukan  karakter  Dengan usaha penuh serta didukung dengan lingkungan sekitar, menurut beliau, kegiatan budaya ini sudah berjalan dengan optimal dan perubahan yang dirasakan saat ini tentu sangat berbeda dengan sebelumnya, di tambah dengan  sekolah saat ini yang sudah berlangsung secara tatap muka, dapa mempermudah dalam mengatur segala  tingkah laku pelajar. 

Keberhasilan ini tak hanya dapat merubah sifat, prilaku serta karakter siswa namun lebih dari itu, yang terpenting menurut beliau adalah bagaimana proses tersebut dapat memberikan pelajar pemahaman yang lebih berarti dari sebuah Pendidikan budaya. Serta dapat saling menghormati kebudayaan yang ada diindonesia. 

Harapannya dengan adanya kegiatan budaya semacam ini, dapat diterapkan di seluruh sekolah terutama di Indonesia karena Pendidikan tanpa karakter serta budaya adalah hal yang buta. Hal tersebut harus selaras yang mengahasilkan para penerus bangsa yang berpendidikan dan berkarter tanpa meninggalkan kebudayaanya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com