Disdagperinkop-UKM Buleleng Prioritaskan 1.500 UMKM untuk Perluasan Akses Pasar - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

3/24/22

Disdagperinkop-UKM Buleleng Prioritaskan 1.500 UMKM untuk Perluasan Akses Pasar


Buleleng, dewatanews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng telah berkomitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk dan pasar pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten. Komitmen itu dilakukan guna mewujudkan UMKM Buleleng naik kelas.
Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop-UKM) Kabupaten Buleleng, Drs. Dewa Made Sudiarta, M.Si mengungkapkan di Buleleng terdapat lima puluh empat ribu lebih UMKM, dimana sebagian besar di sektor perdagangan dan sisanya bergelut di sektor pertanian, industri dan jasa.

“UMKM Buleleng memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Kita sekarang ini merupakan 8 kabupaten/kota terbaik Nasional dari sisi akses penjualan produk UMKM lokal Buleleng,” terangnya usai menghadiri pelatihan Keamanan Siber untuk UMKM Buleleng di Hotel Bali Taman, Kamis, (24/3).

Berdasarkan penghargaan itu, Kadis Dewa Sudiarta menilai para pelaku UMKM Buleleng sudah mulai memahami dan mendalami bahwasannya akses digital sangat penting dalam menunjang pengembangan dan peningkatan pasar produk UMKM.

Ditambahkan, dari 54.849 pelaku UMKM yang ada di Buleleng, pihaknya telah mendata 1.500 UMKM yang aktif, baik secara langsung maupun melalui pemanfaatan akses digital.

Terkait itu, Kadis Dewa Sudiarta mengaku bangga atas kerjasama yang terjalin antara Pemkab Buleleng dengan BPSDMP Kominfo Yogyakarta secara berkelanjutan menyelenggarakan pelatihan bagi pelaku UMKM yang ada di Buleleng. 

“Berkat kerjasama ini, UMKM Buleleng sangat terbantu perihal keamanan akun siber dan perangkat yang digunakan. Dengan ini pelaku UMKM bisa lebih berhati-hati lagi dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi,” ujarnya.

Kadis Dewa Sudiarta menegaskan, bahwa 1.500 pelaku UMKM yang aktif itu menjadi prioritas Pemkab Buleleng untuk secara berkelanjutan dilakukan pendampingan dalam program bimbingan teknis dan pelatihan secara terintegrasi, mulai dari peningkatan kapasitas SDM sampai dengan perluasan akses pasar. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com