PAKIS Bali Gelar Bimtek Swadarma dan Swadikara Krama Istri Dalam Pandangan Agama Hindu - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/17/22

PAKIS Bali Gelar Bimtek Swadarma dan Swadikara Krama Istri Dalam Pandangan Agama Hindu

 

Denpasar,  dewatanews.com - Prajuru Paiketan Krama Istri (PAKIS) MDA Provinsi Bali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) yang mengangkat tema "Swadarma dan Swadikara Krama Istri Dalam Pandangan Agama Hindu" di Kantor PAKIS MDA Provinsi Bali, Kamis (17/2). 

Manggala PAKIS MDA Provinsi Bali  TIA Kusuma Wardhani  dalam arahannya sebelum dimulainya Bimtek menyampaikan bahwasannya sebagai organisasi yang baru berdiri satu tahun, PAKIS yang memiliki struktur organisasi dari tingkat Provinsi hingga desa adat di Bali ini memiliki tugas dan tanggung jawab besar salah satunya terkait keberadaan krama istri di tengah masyarakat sehingga krama istri bisa berkontribusi dalam upaya pelestarian adat dan budaya dan berperan dalam pembangunan Bali. 

"Sebagai organisasi yang baru yang keanggotaannya cukup besar terstruktur dari tingkat Provinsi hingga desa adat, kinerja dan pelaksanaan tugas akan menjadi sorotan, untuk itu pemahaman para anggota dan pengelolalan organisasi harus terus ditingkatkan, " imbuhnya. 

TIA Kusuma Wardhani juga menyampaikan beberapa kegiatan serta program kerja telah dilakukan oleh PAKIS seperti menyusun buku sasana krama istri sebagai buku pegangan bagi krama istri , penerbitan majalah setiap 4 bulan sekali untuk memberi penjelasan terkait hal hal mendasar di tengah masyarakat serta pelaksanan webinar, bimtek dengan menghadirkan pakar pakar yang berkompeten di bidangnya. Seperti halnya pelaksanaan Bimtek kali ini yang menghadirkan Filolog Naskah Lontar Bali dan Jawa Kuno Sugi Lanus. 

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali I GAK Kartika Jaya Seputra dalam arahannya dimana  dalam sastra keberadaan  dan peran perempuan sangat dimuliakan dari zaman dahulu, dan konsep ini perlu kita konkritkan dan aktualisasikan. 

Dengan adanya PAKIS maka diharapkan menjadi awalan yang baik dalam penguatan peran perempuan di tengah masyarakat khususnya di desa adat. Dengan pelaksanaan Bimtek yang diikuti oleh para pengurus PAKIS MDA Provinsi Bali ini akan dapat menjadi acuan bagi PAKIS kedepannya dalam penyusunan program dan kegiatan yang lebih konkret .

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com