Tingkatkan Kualitas UMKM dan Koperasi, Disdagperinkop UKM Buleleng Bangun PLUT - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/10/22

Tingkatkan Kualitas UMKM dan Koperasi, Disdagperinkop UKM Buleleng Bangun PLUT

 

Buleleng, dewatanews.com - Pemerintah Pusat memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng atas berbagai upaya pengembangan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi di tengah gejolak pandemi Covid-19. Pada tahun ini, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disdagperinkop UKM) Kabupaten Buleleng  menerima alokasi anggaran untuk membangun Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).


Kepala Disdagperinkop UKM Buleleng, Drs. Dewa Made Sudiarta, M.Si dalam dialog interaktif di salah satu stasiun radio di Buleleng, Senin, (10/1), menerangkan bahwa pembangunan PLUT dilaksanakan pada tahun 2022 melalui dana alokasi khusus (DAK) dari Pusat. “Nantinya PLUT ini akan menjadi rumah besar bagi UMKM dan koperasi di Buleleng. Tujuannya adalah untuk menjadikan UMKM naik kelas dan koperasi yang berkualitas,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pihaknya juga akan menyiapkan tim pendamping ahli bagi UMKM dan koperasi. Mulai dari pemberian fasilitas pembinaan, pengembangan produk hingga sampai ke pemasaran.

“Pelatihan kami lakukan pada pelaku UKM dan IKM di Buleleng. Khusus produk komoditi unggulan juga kami tampilkan di PLUT sebagai upaya memotivasi pelaku UMKM lainnya,” terang Kadis Dewa Sudiarta.

Tidak hanya itu, Kadis Dewa Sudiarta juga menegaskan bahwa pihaknya pada tahun ini juga akan melakukan pengembangan sentra-sentra UKM yang telah terbentuk di Buleleng. Berdasarkan data,  tercatat enam sentra UKM yang telah dibentuk, salah satunya adalah sentra dodol Penglatan yang ada di Desa Penglatan, Kecamatan Buleleng.

“Kami akan tetap melakukan pendampingan kepada enam sentra ini secara menyeluruh. Bagi yang belum terbentuk, nantinya juga akan kami dorong agar membentuk sentra UKM. Hal ini penting agar produk pelaku UMKM menjadi terpadu,” ujarnya.

Ditambahkan, dalam tahun ini juga pihaknya akan menyalurkan program Bantuan Saranan Usaha (BSU) bagi pedagang. Penyaluran program dimaksud masih dalam proses petunjuk teknis penyaluran bantuan. Kadis Dewa Sudiarta menerangkan, BSU perdagangan bisa berupa bantuan rolling door, rak dagangan dan sejenisnya.

Pihaknya meyakini, dengan semangat dan optimis yang tinggi serta keterlibatan semua pihak, upaya pemulihan dan kebangkitan ekonomi Buleleng dapat cepat tercapai.

“Astungkara kita tetap semangat dan optimisi cepat pulih. Berbagai langkah inovasi dan kreatifitas serta pemanfaatan digitalisasi juga sangat penting. Maka dari itu mari kita kuatkan sinergitas untuk mencipatakan perekonomian Buleleng yang tangguh,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com