Pemuteran Raih Penghargaan Desa Mandiri Inspiratif dari Kemenparekraf RI - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/8/21

Pemuteran Raih Penghargaan Desa Mandiri Inspiratif dari Kemenparekraf RI

 

Buleleng, dewatanews.com - Sebagai salah satu desa yang terkenal sebagai destinasi wisata favorit, Desa Pemuteran tidak jarang mendapat penghargaan baik skala nasional maupun internasional.

Kali ini, desa yang terletak di ujung barat Kabupaten Buleleng itu berhasil meraih penghargaan sebagai "Desa Mandiri Inspiratif"dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia atau Kemenparekraf RI.

Terkait itu, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng  Gede Dody Sukma Oktiva Askara pada Rabu, (08/12) mengatakan masyarakat Buleleng patut berbangga hati atas prestasi yang diperoleh Desa Pemuteran.

"Kita di Buleleng patut berbangga karena memiliki Desa Pemuteran yang sudah amat terkenal dengan biorock-nya dan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif di sana telah berkembang begitu pesat," jelasnya.

Lanjut Dody, prestasi tersebut dapat diraih Desa Pemuteran tidak lain berkat warisan budaya, kekayaan alam, dan kreativitas masyarakatnya yang dijadikan landasan untuk mengembangkan desa wisata.

Selain itu, penghargaan itu juga menjadi bukti bahwa Desa Pemuteran dapat berjalan secara mandiri secara berkelanjutan tanpa terlalu bergantung secara finansial kepada pemerintah baik daerah maupun pusat.

"Jadi tidak tergantung lagi pada dana pemerintah, kemudian anggaran dari kementerian, dan mereka sudah bisa berkelanjutan," tutup mantan Camat Buleleng itu.

Dikonfirmasi secara terpisah, I Ketut Sutrawan Selamat atau akrab disapa Wawan Ode selaku Ketua Pokdarwis mengatakan  pihaknya melanjutkan semua yang sudah diwariskan oleh pendahulunya.

Program kerja prioritas yang dikerjakan meliputi perawatan terumbu karang, konservasi penyu, dan penghijauan Bukit Batu Kursi.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com