PC KMHDI Denpasar Kembali Gelar ‘Sevakam’ di Pura Sakenan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/18/21

PC KMHDI Denpasar Kembali Gelar ‘Sevakam’ di Pura Sakenan

 

Denpasar, dewatanews.com - Menyambut Piodalan dan Hari Suci Kuningan, Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Denpasar kembali melaksanakan kegiatan ‘KMHDI Sevakam’, bertempat di Pura Dalem Sakenan, Denpasar.  Pada Kamis (18/11), kegiatan ini dilakukan dengan mereresik di areal Pura Dalem Sakenan dan dilanjutkan persembahyangan bersama.

Sekretaris Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) PC KMHDI Denpasar, I Komang Adi Saputra mengungkapkan bahwa kegiatan mareresik ini mengajak para pemuda  Hindu untuk melaksanakan pelayanan dan senantiasa peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Sudah menjadi kewajiban bagi setiap insan pemuda untuk memberikan atensi dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya, dengan tindakan-tindakan kecil dan sederhana tetapi memiliki dampak besar tatkala dilakukan secara konsisten. Melalui kegiatan mareresik di Pura Dalem Sakenan ini, kami dari PC KMHDI Denpasar berupaya memantik kepedulian anak muda untuk mengimplementasikan kewajiban tesebut, apalagi masih dalam suasana Hari Suci Galungan dan Kuningan,” jelas Komang Adi.

Hal tersebut ditanggapi oleh I Gusti Putu Putra Mahardika selaku Ketua PC KMHDI Denpasar yang mengungkapkan bahwa kegiatan KMHDI Sevakam ini juga sebagai refleksi bentuk dasar semangat anak muda yang perlu ditanamkan sejak dini.

“Momentum ini juga kita jadikan sebagai refleksi semangat untuk anak-anak muda bawasannya hal-hal seperti ingat kepada pura, ingat kepada leluhur kita merupakan suatu semangat dasar yang harus kita tanamkan sejak dini. Tidak hanya sekadar bersih-bersih dalam kesempatan ini juga kita tanamkan edukasi kepada lingkungan sekitar seperti para pedagang yang terdapat dilokasi untuk memberikan edukasi terkait permasalahan sampah plastik,” ungkapnya.
 
Lebih lanjut pemuda yang kerap disapa Gus Wah ini mengatakan kendatipun kegiatan ini tampak sederhana namun spirit dan semangatnya yang menjadi besar dan sudah seyogyanya senantiasa digaungkan dalam setiap kesempatan.

“Walaupun kegiatannya terlihat sederhana dan sepele namun semangat dan spirit Tri Hita Karana yang kita jalanilah yang menjadi besar. Sebagai masyarakat Bali yang memiliki spirit itu, melaksanakan kegiatan mareresik hari ini merupakan bentuk kepedulian dan sekaligus dapat mengimplementasikan ajaran Parahyangan, Pawongan dan Palemahan,” tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh 37 pemuda dari Internal PC KMHDI Denpasar maupun perwakilan dari beberapa organisasi lainnya seperti PHDI Denpasar, PC KMHDI Buleleng, PC KMHDI Bangli, Duta Hijau Bali, TolTol Gianyar, Leo Club Bali Shanti, Bersih-Bersih Bali, SPB, Trass Warrior dan PPITO.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com