Kolaborasi Lintas Kementerian Hadirkan Panduan Rintis Startup Digital - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/1/21

Kolaborasi Lintas Kementerian Hadirkan Panduan Rintis Startup Digital

 

Jakarta, dewatanews.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang digagas Kementerian Kominfo berkolaborasi menghadirkan panduan bagi generasi muda merintis startup digital lewat peluncuran buku “Founder Starter Pack”.

Kolaborasi itu pun melibatkan perusahaan firma kapital bersama Sequia India dan Asia Tenggara lewat program mereka bernama Surge untuk mendukung perkembangan startup digital di Indonesia secara lebih maksimal.

“Dengan buku ini, kami berharap para pengusaha muda dapat merancang dan menjalankan usaha yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan semangat membangun negara, mari ciptakan inovasi dan bergerak bersama mewujudkan pembelajaran mandiri,” ujar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dalam keterangannya, Senin (1/11).

Lebih lanjut dalam buku itu dibahas topik-topik yang berhubungan dengan startup dan kewirausahaan yang bisa menjadi modul untuk kurikulum perguruan tinggi dan menyediakan bimbingan untuk para mahasiswa memulai usaha mereka sendiri.

Buku itu terdiri dari 70 halaman diterbitkan dalam dua versi bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Kolaborasi itu pun diputuskan dengan melihat fakta bahwa ekosistem startup di Indonesia sudah memasuki era ekonomi digital global, diikuti dengan ratusan juta penduduk yang sudah terkoneksi dengan internet dan terliterasi cukup baik.

Di samping itu, Indonesia sedang mengalami perkembangan dan pertumbuhan pesat pada aspek talent, infrastruktur dan permodalan selama beberapa tahun terakhir.

Kegiatan Pemerintah Indonesia mengambil langkah lebih lanjut mendidik anak-anak muda Indonesia tentang kewirausahaan juga terus berlanjut memberikan potensi yang menjanjikan untuk pertumbuhan ekonomi.

Peluncuran “Founder Starter Pack” itu memanfaatkan pengalaman global selama bertahun-tahun baik dari Sequoia maupun para pendirinya.

“Dalam membentuk ekosistem digital yang inklusif, tentunya pemerintah tidak bisa berjalan sendiri. Kami menyambut baik inisiatif dari Sequoia melalui Surge untuk membuat buku yang dapat menjadi panduan bagi startup founder, yaitu Founder Starter Pack. Harapan saya, semakin banyak pihak yang mau berkolaborasi bersama untuk kemajuan ekosistem digital Indonesia," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan.

Buku cetak dari “Founder Starter Pack” akan didistribusikan untuk lebih dari 100 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, dengan versi e-book yang tersedia untuk para mahasiswa tanpa pungutan biaya.

“Founder Starter Pack” juga akan didistribusikan untuk berbagai komunitas dan organisasi pemerintahan lokal.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com