Jelang Hari Raya, Komunitas BBB Jembrana Laksanakan Bersih-bersih di Pura - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/7/21

Jelang Hari Raya, Komunitas BBB Jembrana Laksanakan Bersih-bersih di Pura

 

Jembrana, dewatanews.com - Menyambut hari raya suci Galungan dan Kuningan serta memperingati hari Pahlawan, Komunitas Bersih-Bersih Bali (BBB) Jembrana melaksanakan kegiatan ngayah mereresik (bersih-bersih) sampah plastik di Pura Kahyangan Tiga Desa Adat Batuagung, Jembrana pada Minggu (7/11).


Kegiatan ngayah dan mereresik yang dilaksanakan oleh komunitas BBB Jembrana ini dimulai dari pukul 08.00 wita dengan membersihkan memungut dan memilah sampah plastik diarea pura Kahyangan Tiga Desa Adat Batuagung, Jembrana seperti di Pura Puseh dan Desa serta Pura Dalem. Sampah yang sudah dipilah kemudian dikumpulkan di TPS Desa setempat.

 

Disamping ngayah untuk mereresik sampah plastik, para anggota komunitas BBB Jembrana juga ikut mempersiapkan tempat untuk sarana umat dalam melaksanakan persembahyangan jelang hari raya suci Galungan dan Kuningan.

 

Kordinator Komunitas BBB Jembrana, Agung Ngurah Ari Kuriawan disela kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda dari komunitas untuk ikut berpartisipasi ngayah dan mereresik dalam menyambut hari raya suci Galungan dan Kuningan serta kegiatan ini juga dalam rangka memperingati hari pahlawan pada 10 November 2021 yang jatuhnya bersamaan dengan hari raya suci Galungan. 

 

"Jangan sampai area pura ini kotor dan tercemar oleh sampah plastik, untuk itu mari Kita jaga bersama kebersihan, keasrian dan kesucian pura ini," ungkapnya.


Lebih lanjut, Pura Kahyangan Tiga di Desa ini merupakan pusat dari krama atau warga Desa Adat untuk melaksanakan persembahyangan saat hari raya suci Galungan dan Kuningan.


Sementara Bendesa Desa Adat Batuagung Jembrana, Ida Bagus Mantra  menyampaikan apresiasinya terhadap komunitas BBB Jembrana dalam kepeduliannya terhadap alam dan lingkungan.

 

"Saya sangat mengapresiasi komunitas pemuda yang ikut peduli untuk menjaga kebersihan lingkungan apalagi untuk menjaga kebersihan dan kesucian pura dan semoga kedepannya lebih banyak lagi komunitas-komunitas pemuda lainnya yang ikut peduli dalam menjaga kebersihan, keasrian dan kesucian pura serta lingkungan lainnya," ujarnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com