Serangkaian D’youth Festival, Teruna Teruni Denpasar Gelar Lomba Pakian Adat Ke Pura - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/29/21

Serangkaian D’youth Festival, Teruna Teruni Denpasar Gelar Lomba Pakian Adat Ke Pura

 

Denpasar, dewatanews.com - Dalam rangka membangkitkan semangat generasi muda untuk ikut melestarikan seni dan budaya Bali. Teruna Teruni Denpasar  bersama Dinas Pariwisata Kota Denpasar, menggelar Lomba Busana Adat Ke Pura, dimana kegiatan ini di buka Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana, pada kesempatan ini didampingi Kadis Pariwisata Kota, MA. Dezire Mulyani, yang ditandai dengan penyematan Pin pada peserta, Jumat (29/10) bertempat di Tukad Bindu Kesiman.

“Saya sangat mengapresiasi Lomba Busana Adat Ke Pura yang dilaksanakan oleh Teruna Teruni Denpasar. Dimana ini merupakan  wujud melestarikan budaya Bali khususnya dalam  memahami tata cara dalam berpakaian adat Bali yang baik dan benar”, kata IB. Alit Wiradana.

Lebih lanjut dikatakan,  di masa pandemi COVID-19 ini generasi muda dituntut untuk selalu kreatif  dan produktif. Maka dari itu, Lomba Busana Adat Ke Pura ini dengan harapan dapat menambah wawasan dalam memaknai setiap komponen pakaian adat Bali yang tidak hanya memenuhi nilai estetika, tetapi juga mengedepankan nilai etika berpakaian.

Sementara Ketua Umum Semeton Teruna Teruni Denpasar, I Gede Utarayana mengatakan, adapun peserta lomba merupakan siswa siswi SMA maupun SMK dan mahasiswa mahasiswi Perguruan Tinggi atau unum dengan wajib berpasangan laki-laki dan perempuan.

Dengan jumlah kategori SMA 12 pasang (12 putri, 12 putra ), Kategori umum 9 Pasang (9 putri , 9 putra), totalnya 21 putri dan 21 putra

“Besar harapan kami, dengan adanya acara perlombaan ini, diharapkan dapat membantu para generasi muda untuk menyalurkan bakat di bidang Seni dan Budaya Bali yang dimiliki, sehingga mulai hari esok dan seterusnya kesenian dan kebudayaan di Bali akan tetap hidup dan tetap terjaga kelestariannya,” ungkapnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com