Dukung Pelaku Usaha IKM/UKM Berinovasi, Dekranasda Denpasar Gelar Monev - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/15/21

Dukung Pelaku Usaha IKM/UKM Berinovasi, Dekranasda Denpasar Gelar Monev

 

Denpasar, dewatanews.com - Masa pandemi covid-19 berpengaruh pada roda perekonomian hampir di seluruh dunia. Tak terkecuali di Kota Denpasar yang mana keberadaan pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) terus bertahan melalui inovasi dan kreativitas.

 
Hal tersebut terlihat dalam kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) yang dilaksanakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Denpasar bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar serta OPD terkait, Kamis (14/10) di dua pelaku usaha IKM/UKM di Kota Denpasar.


Monev dipimpin Wakil Ketua Dekranasda Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa bersama Kadis Perindag, Ni Nyoman Sri Utari dengan mengunjungi langsung tempat pelaku usaha Suka Pandawa Garment dan Bali Decoupage.

 

“Kegiatan monev Dekranasda Denpasar bersama Disperindag dan OPD terkait sebagai kegiatan rutin untuk bertatap muka dan mengetahui lebih dekat kegiatan kreativitas dan inovasi para pelaku IKM/UKM serta membahas dukungan program dalam pengembangan hingga promosi,” ujar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa.

 

Lebih lanjut disampaikan dalam monev ini pihaknya bersama pelaku IKM/UKM Denpasar bersama-sama melakukan rancangan program untuk tetap dapat bertahan dan  bangkit dalam situasi pandemi covid-19 saat ini. Pemerintah Kota Denpasar bersama Dekranasda dibawah kepemimpinan Ketua Dekranasda Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara terus melakukan langkah program pengembangan dan promosi produk IKM/UKM Denpasar. 

 

“Saya melihat  dalam kunjungan monev ini, pelaku usaha dari Suka Pandawa Garment dan Bali Decoupage dapat tetap bertahan dengan melakukan berbagai inovasi dan kreativitas. Salah satunya Bali Decoupage mencoba peluang dari usaha lainnya yang tidak meninggalkan esensi produk yang dijadikan produk pakaian jadi, tas dan kerajinan lainnya,” ujarnya.
 

Ayu Kirsti berharap agar para pelaku usaha IKM/UKM Denpasar untuk terus dapat melihat peluang melakukan strategi usaha, hingga melakukan perubahan layanan dari offline ke online dengan tetap fokus pada tujuan bisnis agar bisa survive. Disamping itu kondisi pandemi menuntut pelaku IKM / UKM melakukan usaha dengan standar prokes serta terus melihat tren perubahan masyarakat, hingga kepuasan konsumen. 

 

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama Pemkot Denpasar  bergotong-royong memberi dukungan kepada pelaku usaha IKM/UKM Denpasar yang diharapkan dapat berkelanjutan dan didukung oleh berbagai program penguatan untuk kebangkitan produk IKM/UKM Denpasar,” ujarnya.


Sementara Arry Budiawan owner Bali Decoupage menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan monev yang diselenggarakan Dekranasda Denpasar bersama OPD terkait. Dalam masa pandemi saat ini sebagai pengusaha kreatif terus melakukan inovasi untuk tetap bertahan. Telebih saat ini dalam kegiatan monev yang diberikan dukungan program dari Dekranasda Denpasar dan Disperindag Denpasar. 

 

Arry juga menyampaikan bahwa untuk tetap bertahan dengan melakukan diversifikasi produk dengan perubahan yang menambah item produk berbasis kain dengan memberikan sentuhan EcoPrint dan Natural Dye. Langkah ini dengan tidak merubah esensi dari Decoupage itu sendiri, serta melakukan terobosan dengan kegiatan workshop secara online.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com