Cok Ace Sambut Kedatangan KRI BIMA SUCI-945 di Pelabuhan Benoa - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/28/21

Cok Ace Sambut Kedatangan KRI BIMA SUCI-945 di Pelabuhan Benoa

 

Denpasar, dewatanews.com - Kedatangan KRI Bima Suci-945 di Provinsi Bali merupakan kali kedua melaksanakan Operasi pelayaran yang sandar di Bali dengan membawa Taruna Akademi Angkatan Laut yang sebelumnya pernah dilaksanakan pada tahun 2019.

Pangkalan TNI Angkatan Laut Denpasar manyambut dengan antusias kedatangan KRI Bima Suci-945 ke Bali dalam rangka Kartika Jala Krida Taruna AAL ke-68. Dan dengan bangga Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Ardana Sukawati yang turut hadir menyambut kedatangan KRI Bima Suci didampingi Waasops Kasal Laksamana Pertama TNI Wasis Priyono, S.T., M.Tr.(Han) ,Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P. bersama Ketua Jalasenastri Korcab V Cabang 10 DJA II Ny. Citra Komang Teguh Ardana beserta Prajurit Lanal Denpasar di Dermaga Timur, Pelabuhan Benoa, Kamis (28/10).

KRI Bima Suci-945 merupakan kapal layar latih tiang tinggi bagi Taruna/Kadet calon-calon Perwira TNI AL, pengganti kapal legendaris KRI Dewaruci, KRI Bima Suci diluncurkan pada tanggal 18 September 2017 ke dalam jajaran TNI Angkatan Laut sebagai Kapal Layar Latih Akademi Angkatan Laut (AAL).

Pelayaran KRI Bima Suci saat ini adalah melaksanakan pelayaran dalam operasi Kartika Jala Krida Taruna Akademi Angkatan Laut Tingkat III Angkatan 68 sebanyak 112 orang tahun 2021, dan pelabuhan Benoa Bali merupakan etape terakhir, dengan lama operasi kurang lebih 64 hari sampai kembali lagi ke Pangkalan Koarmada II Surabaya.

Maksud dan tujuan Pelayaran Ops KJK 2021 adalah melaksanakan pelayaran latihan bernavigasi Lingkaran Besar, Astronomi dan mempraktekkan semua pelajaran profesi dasar matra laut pada keadaan sebenarnya, membentuk mental kejuangan dan karakter prajurit matra laut, memberikan wawasan kepada para Taruna/Taruni tentang tempat  yang disinggahi, peran diplomasi TNI AL, serta mempromosikan kebudayaan Indonesia dan memberikan motivasi para pemuda pemudi Indonesia untuk bergabung menjadi anggota TNI khususnya TNI AL.

Lama Pelayaran : 97 hari Tmt 1 Agustus 2021 s.d. 6 November 2021 dengan rincian kegiatan : lama pelayaran dalam negeri :  97 hari (62 hari layar, 33 hari sandar), dengan rute : Surabaya – Saumlaki – Ambon – Bitung – Manokwari – Balikpapan – Belinyu – Tarempa – Belawan – Sibolga – Cilacap – Bali – Surabaya.

Teknis kapal layar tiang tinggi ini memiliki ukuran panjang 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter, memiliki 26 layar, "Keistimewaan KRI Bima Suci terletak pada instrumen navigasi pelayarannya yang lebih canggih, instrumen pemurnian air laut menjadi air tawar hingga alat komunikasi dan data digitalnya.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama singgah di Bali melaksanakan Courtessy Call dan pertukaran cinderamata kepada pejabat Instansi Pemerintah Daerah dan TNI/Polri, olah raga persahabatan, cocktail party, Display Genderang Suling Taruna, dan city tour wisata edukasi, serta Open Ship di KRI Bima Suci.  Seluruh kegiatan disesuaikan dengan protokol Kesehatan yang berlaku.

KRI Bima Suci yang bersandar di Pelabuhan Benoa di Komandani oleh Letkol Laut (P) Waluyo saat sandar di Pelabuhan Benoa Bali disambut oleh Wakil Gubernur Bali Tjok. Oka Artha Ardhana Sukawati, Waasops Kasal Laksma TNI Wasis Priyono, S.T., M.Tr.(Han), Danrem 163/Wsa Brigjen TNI Husen Sagaf, Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., Danlanud Ngurahrai Kolonel Pnb. Reza Reza Ranesa R. S., S.Sos., M.A.P. Kapolresta Denpasar, Dirpolair Polda Bali, dan para pejabat Instansi terkait lainnya serta perwakilan siswa siswi SMA/SMK Kota Denpasar dan juga dari Saka Bahari.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com