Bupati Suwirta Paparkan Inovasi Rumah Keong di Hadapan Kementerian Bappenas - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/27/21

Bupati Suwirta Paparkan Inovasi Rumah Keong di Hadapan Kementerian Bappenas

 

Buleleng, dewatanews.com - Rumah Keong, yang menjadi produk unggulan dari Bumdesma Nusa Jaya, Nusa Penida, merupakan singkatan dari Rumput laut, Mangga/Poh, Kelapa, Singkong. Semua produk komoditas yang ada di Kawasan Nusa Penida mempunyai branding yaitu “KOLE NUSE"  menjadi ciri khas produk oleh-oleh khas Nusa Penida bagi wisatawan yang akan berkunjung. Hal ini disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat Pertemuan Monitoring Evaluasi dan Penutupan Program Dana Inovasi Responsif atau Responsive Innovation Fund (RIF) Tahap Ketiga di Hotel Sunari Lovina Beach Resort, Rabu (27/10).


Produk ini dihasilkan dari Program Dana Inovasi Responsif Tahap Ketiga merupakan Proyek NSLIC/NSELRED. Bantuan tersebut dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung untuk mengembangkan inovasi daerah yang disebut dengan Rumah Keong. Rumah Keong sebagai pusat rantai nilai pengembangan produk turunan pertanian dalam mendukung program pariwisata Nusa Penida.

Melalui pelatihan yang difasilitasi oleh Program RIF, Bumdesma Nusa Jaya menghasilkan produk Unggulan Kelompok Wanita Tani mampu mengolah berbagai varian produk turunan yang baru yakni Rumput laut mengasilkan Cookies, Pie dan Dodol, Mangga mengasilkan Syrup, Manisan, Fruit leather, Kelapa menghasilkan, Coconut chips berbagai varian dan Singkong menghasilkanTepung Mocaf, Cookies, Pie dan Tape.

Bupati Suwirta berterimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Pemerintah Kanada bagi daerahnya. Menurut Bupati Suwirta, masyarakat Nusa Penida merasakan adanya peningkatan keterampilan dan pengetahuan dalam penguatan kelembagaan dan dalam menghasilkan produk turunan yang berkualitas. Bupati Suwirta juga menjelaskan Inovasi Rumah Keong diproyeksikan untuk meningkatkan nilai tambah produk unggulan, menyerap tenaga kerja, menciptakan wirausaha baru, meningkatkan pertumbuhan perekonomian, serta meningkatkan Pendapatan Asli daerah (PAD).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com