Tingkatkan Daya Saing, Disperindag Bali Gelar Bimtek Pengolahan Buah Kelapa di Gerokgak - Dewata News

Breaking News

9/25/21

Tingkatkan Daya Saing, Disperindag Bali Gelar Bimtek Pengolahan Buah Kelapa di Gerokgak

 

Buleleng, dewatanews.com - Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali melaksanakan Bimtek Pengolahan Buah Kelapa di Desa Gerokgak, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bimtek yang dilaksanakan di salah satu rumah perajin berlangsung selama 5 (lima) hari dari tanggal 24 s.d 28 September 2021. Pembukaan Bimtek dihadiri oleh Perbekel Desa Gerokgak, Camat Gerokgak serta Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali dalam Hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Perindustrian Ir. Ida Ayu Putu Kalpikawati, MM saat pembukaan menyampaikan Bimtek yang dilaksanakan ini merupakan salah satu program dalam mendukung pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid 19.

Salah satu upaya dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali untuk mengembalikan keterpurukan ini dengan Pelaksanaan Bimtek Pengolahan Buah Kelapa Di Gerokgak Kabupaten Buleleng, sebagai acuan bagi IKM untuk terus produktif, kreatif dan inovatif di tengah masa pandemi, tentunya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Besar harapan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi, bahwa dengan penyelenggaraan Bimtek ini dapat membangkitkan jiwa wirausaha muda, kreatif terutama di wilayah Bali, untuk dapat bersama-sama mengembalikan dan menumbuhkembangkan kembali perekonomian Bali. Tujuan dari diadakannya Bimtek ini yaitu untuk penumbuhan dan pengembangan industri olahan pangan dalam rangka mendukung Visi dan Misi Gubernur Bali. Selain itu dapat menjadi wadah bagi para wirausaha muda untuk terus berkembang dan menyesuaikan diri terhadap perubahan yang ada.

“Untuk itu kami mengundang beberapa narasumber yang kompeten untuk memberikan bimbingan teknis kepada 30 orang peserta dari IKM Kabupaten Buleleng,” kata Ida Ayu Putu Kalpikawati.

Beberapa Materi yang disampaikan antara lain Kebijakan Pengembangan Industri Kabupaten Buleleng, Pengurusan Ijin Usaha Mikro Kecil dan Menengah Menjadi Wirausaha Baru, Teknik dan Praktek Pengolahan Buah Kelapa Menjadi Pot Gantung, Mangkok Batok Kelapa, VCO dan Serundeng.

Pemerintah Provinsi Bali juga memfasilitasi untuk pembuatan izin usaha bagi peserta Bimtek yang nantinya dapat digunakan kelangsungan usahanya dalam persaingan global.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com