Wagub Cok Ace Ikuti Upacara Nuwasen Pemugaran Mudra Gelung Agung Kori Pura Besakih - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/9/21

Wagub Cok Ace Ikuti Upacara Nuwasen Pemugaran Mudra Gelung Agung Kori Pura Besakih

 

Karangasem, dewatanews.com - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dan Ratu Shri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun (Bhagawanta Gubernur dan Wakil Gubernur Bali) bersama beberapa pimpinan OPD terkait di Provinsi Bali, melakukan upacara Nuwasen Pemugaran yang bertempat di depan Kori Agung Penataran Pura Agung Besakih, pada Minggu (8/8).

Seperti diketahui, Mudra atau Puncak Gelung Agung Kori Pura Besakih sempat tersambar petir pada Sabtu, 28 Maret 2020. Dikarenakan situasi pandemi Covid-19 maka baru waktu dekat ini akan dilakukan pemugaran total kori agung tersebut. Diharapkan pemugaran kori agung ini akan memberi kebaikan bagi umat.

Upacara yang berlangsung dengan protokol kesehatan ketat tersebut, dipuput oleh Ida Pedanda Griya Aan Klungkung dan Ratu Shri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun dengan rangkaian prosesi yang diawali dengan pecaruan, dilanjutkan dengan sembahyang bersama, ngelung kori dan beberapa prosesi lainnya.

Tujuan dari upacara nuwasen tersebut adalah memohon ijin dan restu kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa untuk dilakukan pemugaran ditempat tersebut, hal itu ditandai dengan “ngelung kori”. Sehingga prosesi pemugaran nanti dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Pimpinan OPD Kabupaten Karangasem, Bendesa Adat Besakih, serta para prajuru yang ada di lingkungan Besakih.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com