Atasi Sampah di Perkotaan, Walikota Jaya Negara Resmikan TPS 3 R di Padangsambian - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/6/21

Atasi Sampah di Perkotaan, Walikota Jaya Negara Resmikan TPS 3 R di Padangsambian

 

Denpasar, dewatanews.com - Untuk mewujudkan pengolahan sampah berbasis sumber serta percepatan pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) di masing-masing desa/kelurahan, Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara meresmikan TPS3R sekaligus penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) PKE UMKM Desa Adat Padangsambian, pada Jumat  (6/8) di Kelurahan Padangsambian Denpasar

Kegiatan ini juga dihadiri Anggota DPR RI Komisi XI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Bali Trisno Nugroho, Kadis DLHK IB. Putra Wirabawa, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dewa Gede Rai serta PLT. Camat Denpasar Barat IB. Purwanasara.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Bali Trisno Nugroho mengatakan Bank Indonesia terus berkolaborasi dengan masyarakat dan  Pemerintah Daerah untuk menjadikan Bali khususnya Kota Denpasar bersih dari sampah.

"Dengan pengolahan sampah dengan metode 3R yakni Reduce Reuse Recycle selain bermanfaat bagi lingkungan juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga berpotensi terbukanya lapangan pekerjaan yang baru," ujarnya

Sementara, Anggota DPR RI Komisi XI I Gusti Agung Rai Wirajaya mengatakan dengan adanya TPS3R ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya Desa Adat Padangsambian dimana sampah yang masuk dapat diolah dan bernilai ekonomi sehingga mengajak masyarakat untuk disiplin membuang sampah di TPS3R ini.

"Diharapkan sampah dapat dipilah mulai dari rumah tangga sihingga masuk TPS sudah terpilah dan saya juga mengajak
Pemerintah dan masyarakat desa adat bersatu untuk kebersihan Kota Denpasar," ujar Rai Wirajaya.

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengapresiasi Bank Indonesia karena telah mendukung pengolahan sampah berbasis sumber karena penanganan sampah merupakan masalah klasik perkotaan. Karenanya, penanganan sampah harus dilaksanakan secara holistik dari sumber. Dengan demikian, penumpukan sampah di TPA dapat diurai, selain juga mengingat kondisi TPA saat ini yang hampir penuh.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kondisi TPA Suwung semakin penuh, sehingga diperlukan upaya upaya yang holistik dan strategis untuk penanganan sampah berbasis sumber. Dengan diresmikan TPS3R di Padangsambian ini diharapkan dapat mendukung penanganan sampah berbasis sumber di Kota Denpasar. Kami mendorong agar Desa dan Kelurahan selalu berkolaborasi dengan Desa Adat masing masing untuk bisa mempercepat pembuatan TPS 3 R diwilayahnya masing masing,” kata Jaya Negara.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com