TOSS Center Klungkung Panen 50 Truck Osaki - Dewata News

Breaking News

7/16/21

TOSS Center Klungkung Panen 50 Truck Osaki

 

Klungkung, dewatanews.com - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau panen perdana pupuk organik dengan Metode Osaki di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Jumat (16/7). Sebanyak lima blok sel atau sekitar 50 truk di panen dengan menggunakan alat berat. Pupuk Organik tersebut selanjutnya diletakkan dipetak-petak lahan pertanian yang ada di areal TOSS Center.

Bupati Suwirta juga menambahkan setelah hampir tiga bulan ditumpuk pupuk kompos, akhirnya bisa mulai panen. Tentu hal ini sangat luar biasa, mengingat tindaklanjut dari pada proses memproduksi kompos sebanyak-banyaknya harus seperti ini. “Jadi hari ini kita panen tidak menggunakan alat manual lagi, tetapi kita menggunakan alat berat untuk membongkar pupuk ini yang kemudian dibawa ke lahan pertanian yang ada di areal TOSS Center,” ujar Bupati Suwirta didampingi jajaran dari Dinas LHP Klungkung.

Selain itu, hal ini tentu menggembirakan ditengah-tengah kita menghasilkan pupuk organik yang begitu banyak. Maka saya yakinkan pupuk organik yang masuk kesini semuanya akan diolah menjadi pupuk. “Uji coba panen ini tentu kedepan akan terus dilakukan. Kita juga akan meyakinkan seluruh petani yang ada disini nantinya bisa menikmati hasil pupuk ini, sehingga mereka bisa mendapatkan pupuk gratis dan kita benar-benar bisa mewujudkan kawasan organik di Subak Kusamba,” harap Bupati Suwirta.

Terakhir Bupati Suwirta juga tidak hanti-hentinya memberikan semangat dan motivasi kinerja kepada para petugas. Langkah ini diyakini agar apapun yang dikerjakan dengan semangat yang kuat, niscaya akan membuahkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan kita bersama untuk mewujudkan TOSS Center ini menjadi pusat percontohan cara pengelolaan sampah.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com