Dukung Kelancaran Ekonomi, TNI AL Bantu Pembangunan Jembatan di Perbatasan Buleleng-Bangli - Dewata News

Breaking News

6/6/21

Dukung Kelancaran Ekonomi, TNI AL Bantu Pembangunan Jembatan di Perbatasan Buleleng-Bangli


Buleleng, dewatanews.com - Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. menandatangani Prasasti peresmian jembatan Penghubung Desa Tejakula Kab. Buleleng dan Desa Sebaya Kab Bangli secara virtual bersama Gubernur Bali I Wayan Koster yang diwakili oleh Kadis PU Provinsi Bali, Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayjen TNI Widodo Dwi Purwanto, Ketua Yayasan Mandana Metta Caritas Muliadi Ali serta Komandan Lanal Bali Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.E., M.A.P. disaksikan Bupati Bangli, Bupati Buleleng, Tokoh Masyarakat dan Kepala Desa serta Masyarakat Desa Subaya, Minggu (6/6).

Karya Bakti TNI AL ini diselenggarakan Dalam rangka mendukung pemerintah untuk meningkatkan kelancaran perekonomian Nasional dan kesejahteraan masyarakat antar desa di Kabupaten Bangli dan Kabupaten Buleleng Bali khususnya masyarakat Desa Subaya, TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar karya bakti dalam rangka memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat dan menumbuh suburkan jiwa kebersamaan untuk bergotong royong khususnya pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Adapun data jembatan yang dibangun panjang jembatan 15 meter, lebar  1,5 m di beri nama BAHARI-MULIA ABADI struktur bangunan dari beton dan besi an tinggi dari garis air lebih kurang 3 meter. Yang berguna untuk memperlancar air hujan yang saat musim penghujan sering terjadi banjir.

Keberadaan jembatan ini sangat diharapkan oleh masyarakat Desa Subaya sebagai akses utama untuk menjual hasil perkebunan berupa kelapa dan daun pandan ke Desa Tejakula Buleleng. Sebelumnya, jembatan penghubung dua Desa tersebut terbuat dari bambu dan gedeg yang setiap musim hujan hanyut terbawa banjir bandang yang menyebabkan desa berpenduduk 22 KK atau skitar 75 Jiwa ini terisolir. Sementara pengajuan pembangunan jembatan permanen telah lama diajukan namun sampai saat ini belum terealisasi.

Dalam sambutannya bapak Kasal via Vicon : yang intinya bahwa harapan kita dengan sarana jembatan yang dibangun dapat meningkatkan perekonomian, memperlancar aktivitas masyarakat sehingga bisa lbh maju, semoga ke depan jembatan bisa diperlebar akses jalan bisa dilewati kendaraan.

Lebih jauh Kasal menyampaikan terkait pengadaan jaringan internet di Desa Subaya akan di koordinasikan lagi dengan Pemda dan instansi terkait sehingga ke depan bisa tercapai apa yang diharapnakn masyarakat.

 

 

 

Diakhir sambutan Kasal mengharapkan kita semua TNI, Polri, Pemda dan instansi terkait bisa saling bahu membahu, bersinergi dan bersepakat dalam memajukan masyarakat serta kita kembangkan apa yang perlu dikembangkan di Desa Subaya untuk kemajuan masyarakat bersama.

Setelah selesai pelaksanaan peresmian jembatan Karya Bakti. TNI AL menggelar Kegiatan Baksos. Kegiatan Baksos dilaksanakan bertempat di Wantilan Desa Adat Buleleng, Kelurahan Paket Agung ( Banjar Bale Agung & Banjar paketan ) Kegiatan Baksos dilaksanakan dengan tujuan membantu masyarakat yang berdampak daripada Covid-19, dimana masyarakat kelurahan Paket agung yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai Petani dan Pedagang sangat merasakan dampak dari wabah Covid-19 tersebut.

TNI AL membagikan 400 paket sembako kepada masyarakat yg berdomisili di tempat yg diketahui sebagai kediaman Ibunda Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Selain pembagian sembako, masyarakat di Kawasan tersebut juga mendapat pelayanan Kesehatan secara gratis berupa pengobatan umum dan pelayanan Kesehatan ringan sebanyak 100 orang bekerja sama dengan tenaga Kesehatan Kab Buleleng, Polres dan Kodim.

 
Disamping kegiatan Baksos, Pangkalan TNI AL Denpasar juga akan mengajak UMKM yang ada didaerah tersebut yang mulai mengalami penurunan pendapatan dan hampir gulung tikar untuk ikut mendukung giat Baksos dengan mengenalkan hasil kerajinan industri yang dimiliki untuk dikenalkan dan ditawarakan kepada Pimpinan daerah yang akan hadir di kegiatan baksos tersebut. UMKM yang akan dilibatkan Pengerajin Tenun Songket, Pengerajin Perak, Pengerajin Bokor, Yayasan Kakiku ( industri pengolahan plastik bekas menjadi barang kerajinan). Kegiatan Baksos dilaksanakan dengan tetap memperhatikan dan menerapkan Protokol Kesehatan, mengajak instansi samping untuk ikut dalam mengamankan Protokol kesehatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut : Gubernur Bali diwakili Kadis PU Prov. Bali, Ketua Yayasan Mandana Metta Caritas, Aspotmar Kasal, Danlanal Denpasar, Ketua Cab. 10 Korcab V DJA II, Perwira Staf Lanal Denpasar beserta Prajurit, Kasi Subdis Penum Dispenal, Ketua DPRD Bangli, Bupati Bangli, Danramil 1626-04/Kintamani, Kapolsek Kintamani, Kapolsek Tejakula, Camat Kintamani, Perbekel Desa Subaya, Perbekel Desa Tejakula, Tomas, Todat serta masyarakat Desa Subaya dan Tejakula.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com