Wagub Cok Ace Puji Ketangguhan Pelaku UMKM Bali di Tengah Pandemi - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/8/21

Wagub Cok Ace Puji Ketangguhan Pelaku UMKM Bali di Tengah Pandemi

 

Denpasar, dewatanews.com - Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) memuji ketangguhan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bali yang terus mengembangkan inovasi dan kreativitas untuk bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut diungkapkannya saat membuka Pameran UKM serangkaian HUT ke-59 Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali di Kebun Vintage Biaung Denpasar, Sabtu (8/5) petang.

Lebih jauh Wagub Cok Ace menyampaikan, pandemi Covid-19 yang memberi tekanan begitu berat terhadap sektor pariwisata, pada sisi lain ternyata memicu semangat masyarakat Bali untuk bangkit melalui sektor UMKM. “Kita bersyukur, pelaku UMKM  terus berusaha melakukan inovasi. Banyak pedagang sukses yang muncul di tengah pandemi,” sebutnya. Melihat ketangguhan yang ditunjukkan pelaku UMKM, tak berlebihan bila ia menaruh harapan besar terhadap UMKM dalam pemulihan ekonomi Bali. “Tentu saja pemerintah dan pemangku kebijakan lainnya akan membantu UMKM melalui perluasan akses pasar dan permodalan,” ujarnya.

Terkait dengan perluasan akses pasar, Guru Besar ISI Denpasar ini menyambut baik kegiatan pameran UKM yang digelar BPD Bali serangkaian memperingati hari jadinya yang ke-59. Ia berpendapat, apa yang dilaksanakan BPD Bali merupakan hal yang luar biasa dan tentu sangat dirasakan menfaatnya oleh pelaku UKM. Kepada UKM yang berkesempatan mengikuti pameran, ia berpesan agar mereka tak hanya berorientasi pada transaksi atau omzet penjualan yang diperoleh. Yang lebih penting, imbuh Cok Ace, pameran bisa dijadikan ajang untuk bertukar pengalaman antar pelaku UKM. Selain itu, melalui pameran, pelaku UKM dapat mengetahui perkembangan baru dengan melihat kreativitas dan inovasi peserta lain. “Ini bisa dijadikan modal bagi pelaku UKM untuk berinovasi sehingga usaha mereka bisa makin berkembang,” imbuhnya sembari berharap agar pameran semacam ini bisa digelar rutin setiap minggu.

Sementara itu, Dirut BPD Bali I Nyoman Sudharma melaporkan, pameran diikuti 450 UKM binaan BPD Bali. Selain melalui pameran khusus yang dilaksanakan kali ini, BPD Bali juga membuka stand UMKM di setiap kantor cabang. “Untuk stand di setiap kantor cabang, pameran rutin kami laksanakan setiap minggu,” sebutnya. Tak hanya itu, BPD Bali juga punya rumah kreatif dan 9.400 UMKM sudah tergabung di dalamnya. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rumah kreatif difokuskan untuk pengembangan UMKM di Bali. Ditambahkan olehnya, semua itu dilakukan untuk membantu upaya pemulihan ekonomi Bali yang terpuruk karena pandemi Covid-19. “Kami juga gencar mendorong penggunaan transaksi bebasis digital di kalangan pelaku UMKM,” pungkasnya.

Pembukaan pameran ditandai scan barcode oleh Wagub Cok Ace yang diikuti undangan lain dan pengunjung pameran. Acara pembukaan pameran UKM juga dihadiri Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Trisno Nugroho, Kepala Ombudsman Bali Umar Ibnu Alkhatab, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara Giri Tribroto dan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali Brigjen Pol Drs Gede Sugianyar Dwi Putra.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com