Sekda Dewa Indra Hadiri Pembukaan Rakornaswasin Pemerintah Tahun 2021 - Dewata News

Breaking News

5/27/21

Sekda Dewa Indra Hadiri Pembukaan Rakornaswasin Pemerintah Tahun 2021

 

Denpasar, dewatanews.com - Sekrtetaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, Kamis (27/5) pagi mengikuti acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern (Rakornaswasin) Pemerintah Tahun 2021 yang diselenggarakan secara daring. Rakorwasin dengan tema “Kawal Efektivitas Belanja Pulihkan Ekonomi” ini dibuka secara resmi oleh Presiden Indonesia Joko Widodo dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat melalui virtual.

 

Kepala BPKP RI Muhammad Yusuf Ateh d alam sambutannya menyampaikan bahwa tahun 2021 adalah momentum untuk pulih dan bangkit dari dampak pandemi covid-19. APBN dan APBD menjadi instrument penting dan harus diselenggarakan secara efektif. Hal ini menjadi tanggungjawab bersama manajemen maupun Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

 

“Rakornas kali ini merupakan komitmen bersama dalam menyelaraskan strategi untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas pengawasan intern. Dengan pengawasan yang lebih baik, diharapkan belanja lebih efektif dan pemulihan ekonomi bisa lebih baik,” terangnya.


Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menegaskan jika peran utama pengawasan adalah untuk menjamin tercapainya tujuan pemerintah, tercapainya tujuan program, tercapainya tujuan belanja anggaran secara akuntabel, efektif dan efisien. Dikatakan Jokowi, mengikuti prosedur itu penting, tapi jauh lebih penting adalah tercapainya target yang telah ditetapkan.

 

“Karena yang paling ditunggu oleh rakyat adalah hasilnya, manfaat darss etiap rupiah yang dibelanjakan oleh pemerintah. Dan pengawasan menjamin satu rupiah yang digunakan tidak salah sasaran dan disalahgunakan, apablagi sampai di korupsi. Jokowi kembali menegaskan jika dirinya tidak akan mentoleransi sedikitpun bagi siapapun yang menyelewengkan anggaran, terlebih dalam situasi (pandemic-red) saat ini,” tegasnya.

 

Jokowi juga menyampaikan jika tahun 2021 adalah tahun percepatan pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah telah menyiapkan anggaran lebih dari 700 triliun yang harus di realisasikan secara cepat dan tepat sasaran agar ekonomi bisa bangkit kembali.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com