Kembangkan UMKM/IKM, Ny. Putri Koster Harap Warmadewa Bisa Bersinergi dengan Pemprov Bali - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/22/21

Kembangkan UMKM/IKM, Ny. Putri Koster Harap Warmadewa Bisa Bersinergi dengan Pemprov Bali

 

Denpasar, dewatanews.com - Ketua Dekranasda Prov Bali Ny Putri Koster mengajak para akademisi, terutama dari Universitas Warmadewa untuk bersama-sama membina para UMKM/IKM binaan Dekranasda di Bali. Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara Inkubator Bisnis (Inbis) Prodi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Warmadewa, yang bertempat di Villa Santhi Beach, Sanur, Denpasar, Sabtu (22/5).

Apalagi, menurutnya, saat pandemi Covid-19 ini, merupakan waktu yang tepat untuk berbenah dan menata UMKM/IKM di Bali. “Saat ini memang ada sedikit degradasi, kita terlalu fokus dengan pariwisata, sehingga melupakan sektor-sektor yang merupakan warisan adiluhung para leluhur,” bebernya dalam acara yang rencananya akan berlangsung selama dua hari tersebut dari tanggal 22-23 Mei 2021.

Pendamping orang nomor satu di Bali itu berharap agar ke depan Bali bisa dibangun berdasarkan segitiga sama sisi, dari sektor pariwisata, UMKM/IKM dan juga sektor pertanian. “Sehingga seperti saat pandemi seperti sekarang ini, saat pariwisata benar-benar tumbang, ada sektor lain yang akan menopang ekonomi Bali,” jelasnya. Untuk itu, ia mengajak Universitas Warmadewa bersinergi dengan pemerintah, untuk membina dan memberikan edukasi menyeluruh terhadap para pelaku UMKM/IKM sehingga ke depan bisa semakin kuat. “Kami harap jangan hanya menumbuhkan semangat wirausahawan anak muda. Itu bagus, tapi juga mari bersama bina dan edukasi para UMKM/IKM yang sudah ada,” imbuhnya.

Selanjutnya, Ny Putri Koster yang juga dikenal sebagai seniman serba bisa ini juga berharap ke depan Universitas Warmadewa bisa melakukan penelitian yang terjun langsung ke UMKM/IKM dan mencari akar permasalahannya. Sehingga hasil-hasil penelitian itu bisa menjadi masukan bagi pemerintah untuk membina serta membangkitkan sektor UMKM/IKM di Bali. “Saya harap hasil penelitian dari para cendekiawan itu tidak berakhir di perpustakaan Universitas semata, tapi juga bisa berguna bagi masyarakat,” gugahnya seraya menambahkan pihak kampus bisa bekerja sama dengan Pemprov Bali melalui OPD yang berkaitan seperti Disperindag Prov Bali ataupun Badan Riset Prov Bali. “Mari kita tata bersama-sama jangan sendiri-sendiri untuk kepentingan UMKM kita,” ujarnya.

Sementara sebelumnya, Direktur Program Pascasarjana Unwar Dr Dra AA Rai Sita Laksmi  MSi melaporkan, jika acara pameran Inbis ini bertujuan untuk memupuk jiwa enterpreneur anak-anak muda, sehingga kelak bisa menjadi wirausahawan unggul dan mampu menyokong perekonomian Bali. “Keberadaan Inbis juga sebagai wadah mahasiswa untuk kembangkan praktik manajemen dan strategi promosi dalam wirausaha,” jelasnya.

Untuk peserta, ia mengaku pameran ini dimeriahkan dari unsur mahasiswa, alumni Univeristas Warmadewa serta mitra binaan Universitas Warmadewa. “Ke depan kami berharap akan muncul enterpreneur-enterpreneur muda yang bisa bangkitkan perekonomian Bali,” katanya.

Rektor Universitas Warmadewa Prof dr Dewa Putu Widjana DAP&E Sp ParK menyampaikan terima kasih atas dukungan Ketua Dekranasda Ny Putri Koster dalam acara ini. Ia berharap melalui dukungan kali ini bisa membangkitkan semangat anak muda untuk terus mengembangkan diri dalam berwirausaha.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com