Bupati Suwirta Siap Kembangkan Potensi Kelautan Klungkung - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/18/21

Bupati Suwirta Siap Kembangkan Potensi Kelautan Klungkung

 

Klungkung, dewatanewa.com - Status Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Nusa Penida tidak serta merta membuat segala potensi yang ada didalamnya bisa digarap. Dikaitkan dengan perkembangan pariwisata, selain sebagai pusat daiving dan snorkling, potensi perikanan dan kelautan juga harus dikembangkan untuk mendukung pariwisata terutama untuk kebutuhan seafood termasuk rumput laut. 

 

Disamping itu, kebutuhan seafood sangat tinggi dengan perkembangan pariwisata saati ini dan juga sebagai peluang untuk masyarakat Nusa Penida dalam mengembangkan budidaya seafood sebagai mata pencaharian dan saling melengkapi untuk kebutuhan pariwisata.

Untuk menggali potensi tersebut Bupati Suwirta didampingi Kaban Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Klungkung, Anak Agung Gede Lesmana, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Dewa Ketut Suata Negara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Klungkung, I Wayan Suteja, Kadis Pariwisata Kabupaten Klungkung, A.A Gede Putra Wedana mengunjungi Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan di Dusun Gondol, Desa Penyabangan, Grogak, Kabupaten Buleleng, Sabtu (17/4) kemarin.

Bupati Suwirta juga mengunjungi, pengusaha bibit bandeng dan krapu dan dilanjutkan ke PT. Sea Sixenergy Indonesia Pabrik Pengolahan Rumput Laut di Gerogak. Dari hasil kunjungan tersebut, Bupati Suwirta menugaskan OPD terkait untuk menindaklanjuti dengan segera merealisasikan denplot budidaya kepiting, udang dan krapu yg sudah dianggarkan. "Hari ini kami ingin tahu dan melihat langsung agar apa yang kami mimpikan bisa terwujud untuk mengembangkan serta meningkatkan ekonomi di bidang kelautan segera bisa terwujud," ujar Bupati Suwirta.

Pihaknya juga meminta bantuan kepadai tim ahli Balai Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan Gondol, Gabungan Pengusaha Libster Indonesia dan Pengusaha bibit bandeng dan krapu  untuk ikut membantu pengembangan potensi tersebut. "Mohon dukungan dan kerjasamanya serta memberi masukan untuk mengembangkan potensi laut di Nusa Penida," pintanya.

Untuk rumput laut bupati mintak kepada PT. Sea Sixenergy Indonesia Pabrik Pengolahan Rumput Laut menjalin kerjasama lewat koperasi untuk bisa menangani rumput laut nusa penuda dari hulu sampai hilir. Bupati Suwirta Juga berharap agar perusahaan yg mengolah rumput laut mentah bisa mendirikan pabrik di Nusa Penida untuk memberikan manfaat mutualisme antara perusahaan dan petani.

Mengakhiri kunjungan Bupati dan rombongan menyempatkan melihat langsung budidaya lobster yg dikelola oleh Gabungan Pengusaha Lobster Indonesia (GPLI). Mudah-mudahan kunjungan hari ini meberikan solusi serta bisa menindaklanjuti perencanaan yang kita garap untuk menggali potensi Nusa Penida," harap Bupati asal Nusa Ceningan ini.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com