SCOPES 2021 Bawa Kita Semakin Dekat dengan Beasiswa Idaman - Dewata News

Breaking News

2/25/21

SCOPES 2021 Bawa Kita Semakin Dekat dengan Beasiswa Idaman

 

Denpasar, dewatanews.com - Indonesia Februari 2021. Komunitas Kejar Mimpi Bali berkolaborasi dengan Mata Garuda Bali mengadakan SCOPES (Scholarship Mentoring Class) 2021. Kegiatan ini berlangsung pada 6-20 Februari 2021 dengan lima pertemuan yang seru dan interaktif.  


Kejar Mimpi Bali merupakan komunitas sosial yang berada di bawah naungan CIMB Niaga dan memfokuskan pengabdian pada bidang pendidikan di Bali. SCOPES 2021 merupakan kolaborasi pertama antara Kejar Mimpi Bali dan Mata Garuda Bali yang merupakan ikatan penerima beasiswa LPDP di Bali. Memiliki ketertarikan yang sama untuk mengabdi pada pendidikan, SCOPES 2021 ditujukan untuk membantu dan memotivasi peserta dalam mempersiapkan diri untuk mendaftar beasiswa. Target dari kolaborasi ini adalah mahasiswa, dosen, dan profesional yang berencana untuk melanjutkan studi S2 maupun S3. 


SCOPES 2021 hadir dengan tema Take Your Chance, Build Your Future dan diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dengan free entry. Kegiatan edukatif ini mengusung konsep seminar interaktif dan mentoring yang melibatkan 22 mentor dan pembicara serta 110 peserta. Para narasumber dan mentor merupakan peraih beasiswa LPDP yang sedang atau sudah lulus berkuliah di luar maupun dalam negeri. Pada sesi mentoring, setiap mentor hanya membimbing lima orang peserta atau mentee dengan bidang keilmuan yang searah.

 

Peserta terbagi dalam tujuh bidang keilmuan yaitu: sosial, sains, pendidikan, teknik, seni bahasa, kedokteran, serta studi S3. Dengan begitu, suasana intimate dalam mentoring membuat setiap kegiatan terasa eksklusif.
Selama lima pertemuan, para peserta dibekali kiat-kiat untuk meraih beasiswa idaman oleh total 12 orang pembicara yang membawakan topik berbeda. Topik yang dibahas lebih spesifik untuk memetakan langkah-langkah pendaftaran beasiswa dan dikemas dengan menyenangkan selama lima kali pertemuan tersebut. 

 

Topik tersebut diantaranya: How to Search Scholarship and LoA Universities Abroad, Find Universities and LoA from Best Universities in Indonesia, IELTS Preparation, How to Write a Good Motivation Letter and CV, Tips and Tricks Interview: Beasiswa Kampus Dalam dan Luar Negeri dan talkshow yang membahas What to Expect on Studying Abroad yang diisi oleh alumni universitas di Asia, Australia, Amerika, dan Eropa.  


Selalu ada hal yang spesial pada setiap sesi di SCOPES 2021. Mentee diberi kesempatan untuk mencoba membuat statement of purpose, motivation letter, dan CV dengan bimbingan langsung dan feedback dari para mentor. Tidak hanya itu, mentee juga berkesempatan mengikuti simulasi IELTS dan interview beasiswa secara gratis yang kemudian dibahas dan diberi kritik dan saran yang membangun oleh para mentor. Setiap rangkaian kegiatan SCOPES 2021 ini membuat mentee berproses baik melalui materi yang spesifik ataupun simulasi langsung.

 
“Jadilah kandidat yang sesuai dengan apa yang dicari lembaga beasiswa. Mulai secepat-cepatnya, jangan menunggu. Kalau tidak mencoba kalian tidak akan pernah tau hasilnya.” pesan pembicara Kadek Wiweka SST.Par.,M.Par.,M.Rech. untuk menyemangati peserta di hari pertama. Tak kalah penting, Ketua Kejar Mimpi Bali Aditya Rahman juga berpesan “Keberuntungan itu saat kesempatan bertemu dengan kesiapan”. Dengan terselenggaranya SCOPES 2021, diharapkan mampu membantu para scholarship hunters dalam mempersiapkan diri mengejar mimpi mendapatkan beasiswa idaman di universitas impian.

  
Kegiatan SCOPES 2021 tidak usai sampai di sini. SCOPES 2021 merupakan rangkaian dari BASE (Bali Scholarship Expo) 2021 yang akan dilaksanakan pada 5-7 Maret mendatang. BASE 2021 akan dimeriahkan oleh pameran dari lembaga beasiswa beserta kampus-kampus idaman. Selain itu, #KejarMimpi Talks Bali 3.0 juga akan diselenggarakan pada Jumat, 26 Februari di aplikasi Kejar Mimpi sebagai rangkaian dari BASE 2021.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com