Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bali 2021, Ajak Generasi Muda Peduli Berbahasa - Dewata News

Breaking News

2/23/21

Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bali 2021, Ajak Generasi Muda Peduli Berbahasa

 

Denpasar, dewatanews.com - Generasi Muda merupakan ujung tombak masa depan suatu bangsa. Peran generasi muda diharapkan mampu membawa perubahan baik bagi lingkungan sekitarnya. Salah satunya ialah dalam mengawal isu kebahasaan. Perkembangan zaman dan IPTEK merupakan pisau bermata dua yang kemudian menjadi salah satu penyebab memudarnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di kalangan generasi muda, khususnya di Bali.

Sebagai upaya pembinaan bahasa dan penumbuhan kesadaran penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar di kalangan generasi muda, Balai Bahasa Provinsi Bali bersama dengan Paguyuban Duta Bahasa Provinsi Bali kembali menggelar Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bali (Pildubas) pada tahun ini. Pendaftarannya telah dibuka sejak tanggal 1 Februari hingga 21 Maret 2021 yang dapat dilakukan secara daring maupun luring.

Pildubas 2021 akan diselenggarakan dengan konsep semidaring, sama seperti tahun 2020. Namun, dengan teknis yang agak sedikit berbeda. “Kegiatan Pildubas tahun ini kami selenggarakan secara semidaring kembali mengingat situasi yang tidak memungkinkan untuk diselenggarakan luring secara penuh, dan juga mengikuti anjuran pemerintah untuk membatasi kegiatan yang melibatkan partisipasi banyak orang,” ungkap Ketua Panitia, Ni Putu Satrya Pertiwi yang kerap disapa Nana.

Lebih lanjut, Nana menjelaskan persyaratan mengikuti Pildubas 2021 sama seperti tahun-tahun sebelumnya. “Merupakan pemuda dan pemudi dengan rentang usia 18—25 tahun yang ber-KTP di wilayah Provinsi Bali; belum menikah; berkepribadian dan berpenampilan menarik; dan yang terpenting, mahir berbahasa Indonesia dan daerah serta menguasai salah satu bahasa asing,” ungkapnya.

Untuk berkas administrasi, calon peserta wajib membuat karangan argumentasi dalam bahasa Indonesia dengan tema Pemuda dan Bahasa, minimal 4 halaman A4, font 12 Times New Roman, spasi 2, serta melampirkan fotokopi KTP dan satu buah pas foto berwarna ukuran 4×6.

“Seluruh berkas persyaratan tersebut dapat dikirim melalui pos-el dutabahasaprovinsibali@gmail.com atau membawa berkasnya langsung ke Balai Bahasa Provinsi Bali yang beralamat di Jalan Trengguli I No.34, Tembau, Denpasar Timur,” tegas Nana.

Nana yang juga merupakan Wakil Ketua Paguyuban Duta Bahasa Provinsi Bali mengajak seluruh generasi muda Bali untuk tidak melewatkan kesempatan ini karena akan ada banyak manfaat dan menambah wawasan diri mengenai kebahasaan. “Seluruh informasi mengenai Pildubas diunggah melalui akun instagram @dutabahasaprovbali,” terangnya.

Ia juga berharap partisipasi pendaftar untuk tahun ini dapat meningkat. “Semoga minat generasi muda Bali yang mempunyai kepekaan dan ketertarikan terhadap bahasa, sastra, dan literasi bisa meningkat, baik melalui partisipasi Pildubas 2021 maupun kontribusi positif lainnya. Selain itu, semoga bisa mencapai target pendaftar 100 orang,” tutupnya. (DN - Adi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com