Siapkan Aplikasi, Bupati Suwirta Minta Keseragaman Laporan Keuangan BUMDes - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/12/21

Siapkan Aplikasi, Bupati Suwirta Minta Keseragaman Laporan Keuangan BUMDes

 

Klungkung, dewatanews.com - Mewujudkan keseragaman pelaporan pengelolaan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang akuntabel dan transparan, tentu harus ditunjang dengan sistem manajemen dan akuntabilitas yang baik dan inovatif. Untuk itu, sebuah aplikasi tengah disiapkan oleh Inspektorat Kabupaten Klungkung yang nantinya akan diinstal ke masing-masing BUMDes di setiap desa di Kabupaten Klungkung.

 
“Semua BUMDes siap-siap menerima aplikasi keuangan dari Inspektorat. Aplikasi ini akan kita sempurnakan sampai final agar bisa mengakomodir dan mengevaluasi seluruh kegiatan usaha di masing-masing BUMDes secara keseluruhan. Harus tahu manual terlebih dahulu, saya siap mendampingi,” ujar Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat menerima presentasi dari Inspektorat di ruang rapat Bupati Klungkung, Senin (11/1). 


Presentasi dihadiri Inspektur Daerah (Irda) Kabupaten Klungkung, I Made Seger dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Klungkung, I Wayan Suteja. 


Menurut Bupati yang sering bergelut di dunia akuntansi, sementara ini pelaporan BUMDes di Kabupaten Klungkung dilihat tidak seragam. Tentu ini akan menimbulkan permasalahan pada saat ada pemeriksaan. 

 

Maka dari itu, langkah preventif harus dilakukan dengan menyiapkan aplikasi dengan baik, sehingga nantinya BUMDes bisa dijalankan by sistem bukan berdasarkan keinginan dari pada pengurus yang kelihatan BUMDes itu untung padahal buntung.

 
Inspektur Daerah Kabupaten Klungkung, I Made Seger mengatakan, penyusunan aplikasi Program Akuntasi Excel Demo berbasis Microsoft Excel sudah disiapkan selama empat bulan dan sudah diujicoba di BUMDes Tihingan dan BUMDes Nyanglan. Pihaknya berharap dengan adanya aplikasi ini, tentu akan ada keseragaman, mepermudah pengelolaan keuangan dan termasuk dalam pengawasan “Adanya aplikasi ini bisa mempermudah keseluruhan, baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi,” ujar Made Seger.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com