Disperindag Gianyar: Serah Terima Pasar Sukawati Mulai Desember 2020 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/30/20

Disperindag Gianyar: Serah Terima Pasar Sukawati Mulai Desember 2020

 

Gianyar, dewatanews.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gianyar mengemukakan serah terima Pasar Seni Sukawati, Propinsi Bali yang telah dilakukan revitalisasi kepada para pedagang dimulai Desember 2020.

"Serah terima atau provisional hand over (PHO) Pasar Seni Sukawati dilakukan bulan Desember tahun 2020, terutama kios pedagang di area Blok A dan Blok B," kata Kadis Perindag Gianyar, Luh Gede Eka Suary, demikian siaran pers Diskominfo Gianyar, Minggu (29/11).

Ia mengatakan hal itu saat membuka pelatihan aparatur pasar se kabupaten Gianyar. Pelatihan itu untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia khususnya aparatur pengelola pasar seiring masifnya revitalisasi pasar rakyat agar mampu bersaingan dengan pasar modern.

Di samping pembinaan aparatur pasar, Pemkab Gianyar sejak tahun 2018 juga telah melakukan pembangunan berbagai pasar baik yang dikelola desa maupun Pemkab Gianyar.

“Pembangunan pasar menjadi salah satu fokus pembangunan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Gianyar, yang dalam kurun waktu 2018 sampai saat ini telah dibangun berbagai pasar desa maupun pasar yang dikelola secara langsung oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar,” ujarnya.

Eka Suary juga memaparkan Pasar Sukawati blok A dan B dibangun dengan dana sebesar Rp77 miliar, Pasar Gianyar dibangun melalui APBD Kabupaten Gianyar dengan pagu sebesar Rp250 milyar serta Pasar Sukawati blok C dibangun dengan dana APBN sebesar Rp75 miliar dan pembangunan Pasar Blahbatuh dibangun dengan Dana Tugas Perbantuan Kementerian Perdagangan RI sebesar Rp1,4 miliar.

Pembinaan terhadap aparatur pasar serta perbaikan manajemen pasar dilakukan terkait dengan masifnya pembangunan pasar rakyat yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gianyar, masifnya pemkab Gianyar merevitalisasi pasar rakyat agar mampu bersaing dengan pasar modern.

“Pasar rakyat yang terkesan kotor dan kumuh nantinya bisa lebih bersih dan tertata dengan SDM yang lebih tahu tupoksinya masing-masing. Sehingga tercipta pasar rakyat yang nyaman asri dan aman untuk warga,” ujar Eka Suary.

Kadis Perindag menambahkan pembinaan kepada aparatur pasar diharapkan mampu memberikan wawasan baru bagi aparatur pengelola pasar yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar. Sehingga dapat memaksimalkan peran aparatur pengelola pasar dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat baik pembeli maupun pedagang.

Perbaikan manajemen maupun peningkatan kapasitas aparatur pasar di samping melakukan revitalisasi pasar nantinya diharapkan mampu mengikis kesan kotor dan kumuh terhadap pasar rakyat menjadi pasar yang tertata, bersih dan nyaman.

 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com