Bupati Suwirta Dukung Produk UMKM Lokal - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/18/20

Bupati Suwirta Dukung Produk UMKM Lokal

 

Klungkung, dewatanews.com - Disela kunjungannya ke Desa Pikat meninjau sejumlah sumber air, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melihat industri rumahan pembuatan sambal lauk kemasan, Rabu (18/11). Produk ini digeluti oleh I Wayan Suparta asal Banjar Gelogor, Desa Pikat.

Pria yang sempat bekerja di kapal pesiar ini mengaku merintis sambal lauk kemasan dengan branding Sambal Sarin Paon sejak April 2019. Terinspirasi dari ibunda yang sering membuat sambal sero lemo pedas, dengan cita rasa yang khas. Yang susah ditiru oleh orang lain, walaupun menggunakan bahan yang sama. Maka munculah ide untuk mencoba membuat sambal pedas berbagai variasi rasa dengan harapan bisa dinikmati semua orang yang simple, praktis dan tahan lama. Dimulai dari bulan April 2019 dengan beberapa kali percobaan dengan mengirim beberapa tester kepada saudara dan teman. “Setelah berulangkali percobaan maka terciptalah rasa sambal Sarin Paon seperti sekarang,” ungkapnya didampingi sang istri.

Dijelaskan, tepat pada 22 April 2020, Sambal Sarin Paon resmi diluncurkan. Dirinya mengaku mampu memproduksi 45 sampai 90 botol sambal perhari. Produk dipasarkan dibeberapa minimarket dengan harga pasaran Rp 25.000. Selain itu produknya juga sudah dipasarkan hingga keluar daerah seperti Gianyar, Denpasar dan bahkan sampai ke pulau Jawa dan Lombok. Dalam menjalankan usahanya, dirinya juga mengaku menghadapi sejumlah kendala seperti pemasaran, dimana dalam situasi pandemi Covid-19 daya beli masyarakat menurun. 

 

Dunia pariwisata yang terpuruk akibat pandemi, mengakibatkan dirinya dirumahkan dan otomatis menghentikan pendapatan bulanan yang digunakan sebagai modal. Selain itu harga bahan baku yang berubah sewaktu waktu sangat mempengaruhi harga pokok produk, terutama adalah biaya produksi. Pihaknya berharap kepada pemerintah bisa memberikan ruang lebih luas untuk pemasaran produk- produk lokal serta membantu permodalan usaha sehingga kedepannya usaha-usaha kecil bisa lebih dikenal, berkembang dan menjadi tuan rumah di daerah sendiri bahkan menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Bupati Suwirta saat melihat produksi sambal rumahan tersebut menyatakan komitmen mendukung agar indutri rumahan semacam ini semakin maju. Dirinya juga berjanji akan membantu pemasaran dan mempromosikan produk ini. 

 

Kepada Wayan Suparta selaku produsen sambal, Bupati Suwirta berpesan dalam pengadan bahan baku supaya menggandeng para petani lokal. Bupati juga berharap kedepan muncul lagi UMKM khusus memproduksi sambal saus tomat dan cabai sehingga disaat panen raya, harga tomat dan cabai bisa tetap stabil. “Nanti kita akan bantu promokan dan cabainya kerjasama dengan petani saja agar harganya stabil,” pesan Bupati Suwirta.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com