Tingkatkan Kemampuan KSR PMI Buleleng Melalui Pelatihan Pertolongan Pertama - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/27/20

Tingkatkan Kemampuan KSR PMI Buleleng Melalui Pelatihan Pertolongan Pertama

 

Buleleng, dewatanews.com - Guna meningkatkan kemampuan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Kabupaten Buleleng, PMI menggelar pelatihan spesialisasi pertolongan pertama yang diikuti oleh 17 peserta.  Pelatihan ini digelar di Aula STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Selasa (27/10).


Pelatihan pertolongan pertama bagi KSR PMI dibuka langsung Ketua PMI Buleleng yang juga Wakil Bupati Buleleng  I Nyoman Sutjidra. 

Sutjidra menjelaskan pelatihan ini digelar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan relawan – relawan PMI khususnya pada pertolongan pertama baik itu pada kecelakan maupun kegawat daruratan. Sehingga KSR PMI mempunyai kompetensi dan mampu memberikan pertolongan pertama secara profesional "Juga berkompeten dan sesuai standarisasi PMI,” jelasnya.

Para peserta pelatihan ini nantinya bakal mengikuti serangkaian kegiatan pelatihan pertolongan pertama. Mulai dari pembekalan materi, ujian tulis, praktek sampai simulasi lapangan. Setelah rangkaian pelatihan selesai, dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. "Utamanya dalam memberikan pelayanan kemanusiaan yang menjadi tugas utama seorang relawan,” ujar I Nyoman Sutjidra.

Disinggung mengenai kesiapan relawan PMI Buleleng di musim penghujan yang akan datang, Sutjidra mengatakan para relawan PMI yang ada di Kabupaten Buleleng selalu diberikan pembekalan. Khususnya untuk menghadapi bencana alam maupun bencana non alam seperti Covid-19 yang saat ini terjadi. ”Relawan PMI Buleleng selalu sigap untuk melaksanakan pertolongan pertama bila terjadi bencana. Di masa pandemi Covid-19 ini juga relawan PMI Buleleng selalu melakukan kegiatan – kegiatan  seperti sosialisasi sampai penyemprotan desinfektan yang sangat rutin dilaksanakan,” katanya.

Mengenai sarana prasarana yang ada di markas PMI Buleleng, Wakil Bupati asal Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan ini menambahkan sarana dan prasarana yang ada sudah lengkap. Mulai dari tenda di lapangan kemudian alat-alat seperti tandu dan alat kedaruratan lain yang sudah mencukupi. ”Astungkara sarana dan prasarana yang ada sudah lengkap semua. Selain itu juga PMI Buleleng menerima hibah dari PMI Pusat mulai dari kendaraan operasional hingga perlengkapan pertolongan Pertama bila terjadi kegawat daruratan,” tutup I Nyoman Sutjidra. 

Pembukaan pelatihan ini ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan tanda pengenal pagi para peserta.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com