Rancang Skema Pinjaman PEN Untuk Air Minum dan Kesehatan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/24/20

Rancang Skema Pinjaman PEN Untuk Air Minum dan Kesehatan

 

Denpasar, dewatanews.com - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menghadiri rapat teknis rencana Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Daerah bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung pada Kamis (24/9).

Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menyampaikan bahwa Pemkab Klungkung dalam rangka memberikan kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat Klungkung, Pemkab Klungkung mengadakan rapat dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Rapat ini bertujuan untuk melakukan pinjaman dana oleh Pemkab Klungkung  yang diperuntukan untuk sarana air minum dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Klungkung. 

Perwakilan PT. SMI, Nanang, menyampaikan bahwa perusahaan SMI merupakan  perusahaan pembiayaan khusus infrastruktur, yang didirikan untuk menjadi katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, termasuk mendukung skema kerjasama Pemerintah Badan Usaha.
 

Adapun kesepuluh sektor infrastruktur dasar tersebut antara lain ketenagalistrikan, transportasi, telekomunikasi, rollings stock kereta api, minyak & gas, energy efisiensi, air minum, jalan & jembatan, irigrasi, dan manajemen air limbah & persampahan.
 

Sementara itu, enam sektor infrastruktur sosial yang bisa dibiayai PT. SMI adalah rumah sakit, infrastruktur pemasyarakatan, infrastruktur pendidikan, infrastruktur kawasan, pasar, dan infrastruktur pariwisata.

Nanang menambahkan, kriteria dalam mendapatkan bantuan dana dari PEN yakni adanya perencanaan, pengeluaran yang tercatat dengan baik, penyerapan tenaga kerja, penyerapan bahan-bahan lokal, dan dampak kepada sosial ekonomi.  

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjelaskan alasan mengapa melakukan peminjaman dibidang air minum adalah untuk mencukupi kebutuhan wisatawan terkait air minum di Kecamatan Nusa Penida yang berfungsi sebagai titik ungkit pendapatan daerah Kabupaten Klungkung. Sedangkan peminjaman di bidang pelayanan rumah sakit, dilakukan karena untuk menanggulangi penanganan Covid-19, dimana ruangan VIP Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Klungkung dirubah menjadi ruang perawatan bagi pasien Covid-19. 

 

“Saya mengajak instansi terkait agar perhatian dan kesempatan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat ke Kabupaten Klungkung jangan sampai disia-siakan, mari berproses untuk menjadikan Klungkung Unggul dan Sejahtera,” ajak Bupati Suwirta.

Rapat diadakan dengan menggunakan aplikasi Video Conference. Hadir dalam rapat tersebut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Klungkung, I Dewa Putu Griawan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Klungkung Anak Agung Gede Lesmana dan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung, I Wayan Wasta serta instansi terkait lainnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com