Lokakarya Multistakeholder Program Ecologic Nusa Penida - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

9/22/20

Lokakarya Multistakeholder Program Ecologic Nusa Penida

 

Klungkung, dewatanews.com - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Ayu Suwirta menghadiri sekaligus membuka Lokakarya Multistakeholder Program Ecologic Nusa Penida, di jalan Bukit Keker, Banjar Nyuh, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Selasa (22/9). Hadir Kadis Pariwisata A. A. Gede Putra Wedana dan Camat Nusa Penida Komang Widyasa Putra serta puluhan stakeholder.

Direktur Yayasan Wisnu, Ni Made Denik Puriati mengatakan Lokakarya Multistakeholder ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi terutama terkait dengan energi terbarukan, pendidikan lingkungan dan pengelolaan sampah serta pengembangan desa wisata ekologis (DWE) sebagai upaya  untuk menjawab tantangan baru yang dihadapi masyarakat Nusa Penida khususnya dan Bali pada umumnya. Selain itu untuk membangun kerjasama, memadukan dan mensinergikan program-program yang telah dilakukan dengan program-program pemerintah, adat maupun swasta sehingga akan ada keterpaduan program antar pemangku kepentingan untuk mewujudkan keseimbangan pulau kecil Nusa Penida.

Adapun kegiatan yang sudah dan akan berjalan diantaranya pemetaan partisipatif dan profil desa, sosialisasi pembuatan kebun rumah tangga, penanaman penghijauan pakan ternak dan tanaman pewarna, pembinaan pengerajin produk tenun dan lukisan, budidaya jaringan rumput laut, ternak dan biogas, kampanye lingkungan hidup, sosialisasi pengelolaan sampah terpadu dan energi terbarukan (biogas dan solar panel) serta pendidikan lingkungan hidup.

Bupati Suwirta dalam kesempatannya mengapresiasi berbagai kegiatan yang sudah maupun yang akan dilaksanakan yayasan ini. Menurutnya seluruh aksi ini merupakan gerakan yang mendukung program pemerintah dalam menjaga dan melestarikan alam dan kebudayaan yang ada di Nusa Penida. Menurutnya sehebat apapun Nusa penida kalau tidak dijaga pasti bisa akan jatuh. 


"Terima kasih kepada semua pihak yg mendukung program ini. Program ini adalah tempat edukasi yang akan dapat mendukung pariwisata di Nusa Penida kedepan. Sekali lagi terima kasih karena telah mendidik anak anak muda Nusa penida." Ujar Bupati Suwirta seraya mengatakan akan mendukung penuh program ini.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here