Kodim Jembrana Berikan Wawasan Kebangsaan Bagi Para Guru Agama - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/24/20

Kodim Jembrana Berikan Wawasan Kebangsaan Bagi Para Guru Agama

 

Jembrana, dewatanews.com - Kodim 1617/Jembrana memberikan wawasan kebangsaan dalam acara workshop peningkatan wawasan kebangsaan yang digelar di rumah makan "Puas" Kelurahan Banjar Tengah Jembrana, Rabu (23/9).

Acara workshop peningkatan wawasan kebangsaan tersebut digelar selama  3 hari dengan mengambil tema "Melalui Pemahaman Wawasan Kebangsaan Kita Perkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa" tersebut, dihadiri oleh para Guru Agama SD, SMP dan SMA se Kabupaten Jembrana.

Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S.sos., yang diwakili oleh Perwira Seksi Teritorial  (Pasiter) sekaligus selaku nara sumber dalam acara tersebut. Para peserta dapat pembekalan terkait  pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila, toleransi, paham radikal serta kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup Bangsa dan negara yang seutuhnya.

Pasiter Kodim 1617/Jembrana Kapten Chb H. Karyanto dalam penyampaian materi menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara yang sering juga disebut dengan dasar falsafah negara  merupakan pegangan hidup bagi kita dalam menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Dengan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila hendaknya mampu memupuk rasa toleransi dalam kehidupan sehari-hari", sebutnya.

Dengan memaknai nilai-nilai yang terkandung lanjut Pasiter, diharapkan kita sebagai generasi penerus bangsa tidak terpapar oleh paham-paham yang bertentangan dengan Pancasia.

"Paham radikal dianggap berbahaya karena dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Paham Radikal merupakan paham dimana sikap dan aksi yang muncul karena sikap fanatik, ekslusif dan revolusioner yang berlebihan", jelas Kapten Karyanto.

Dijelaskannya paham radikal memang sangat kental dikaitkan dengan aksi terorisme, ditambah lagi dengan fakta bahwa isu teror di Indonesia memang dilakukan oleh kelompok orang yang mengaku diri mereka sebagai kelompok garis keras atau radikal serta mengacu pada sebuah gerakan yang membuat perubahan dramatis di lingkungan tempat tinggalnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com