Current Audit Itjenad Sebagai Bentuk Pengawasan Kinerja Jajaran Kodam IX/Udayana - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

9/15/20

Current Audit Itjenad Sebagai Bentuk Pengawasan Kinerja Jajaran Kodam IX/Udayana

 

Denpasar, dewatanews.com - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara menerima kunjungan rombongan Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad) yang dipimpin oleh Brigjen TNI Heri Kuswanto, S.I.P., beserta rombongan dalam rangka kegiatan pengawasan Current Audit Itjenad TA. 2020 di satuan jajaran Kodam IX/Udayana, pada Selasa (15/9) bertempat di ruang Airlangga Makodam IX/Udayana.

Mengawali sambutannya saat membuka taklimat awal Current Audit Itjenad TA. 2020, Pangdam mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan Current Audit Itjenad serta berharap bahwa kegiatan ini dapat berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan, sehingga tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan dapat tercapai. Selain itu, Pangdam juga berharap bahwa dengan kegiatan ini kedepannya dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan administrasi yang ada.

Pangdam menjelaskan bahwa kegiatan pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) Current Audit merupakan proses Wasrik terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran (Progjagar) yang sedang berjalan dan merupakan bagian dari fungsi manajemen dalam berorganisasi, sehingga Kehadiran Tim Wasrik Itjenad ke Kodam IX/Udayana ini tentunya untuk mencegah kemungkinan terjadinya penyimpangan yang dapat berpengaruh terhadap pencapaian sasaran program satuan.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, peranan Wasrik menjadi sangat penting untuk mencegah terjadinya penyimpangan penggunaan anggaran, maka kegiatan ini dititikberatkan pada pemeriksaan yang bersifat mengutamakan konsultasi untuk mengatasi masalah yang dihadapi pada Program Kerja yang sedang dilaksanakan, sehingga nantinya bisa mendapatkan solusi penyelesaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Saya perintahkan kepada Para Asisten, Dansat/Kabalak jajaran Kodam IX/Udayana, agar membantu Tim Wasrik Current Audit Itjenad, dengan menyiapkan data pendukung seperti administrasi, materiil, serta laporan pertanggungjawaban perbendaharaan dan keuangan TA. 2020 yang telah berjalan di satuannya masing-masing,” tegas Pangdam.

Mengakhiri amanatnya, Pangdam menekankan agar memanfaatkan kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan Current Audit Itjenad ini dengan sebaik-baiknya, sehingga pencapaian hasil program kerja untuk satu tahun anggaran yang sedang berjalan dapat lebih berdaya dan berhasil guna, untuk mendukung kelancaran tugas pokok Kodam IX/Udayana dan jajaran dimasa yang akan datang.

Sementara itu, dalam amanat Irjenad yang dibacakan oleh Ketua Tim Wasrik Current Audit, mengucapkan banyak terimakasih kepada Pangdam IX/Udayana beserta staf dan jajarannya atas terselenggaranya taklimat awal ini. Irjenad juga menjelaskan bahwa tugas pokok Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad) adalah membantu Kasad dalam menyelenggarakan pengawasan umum dalam rangka mendukung tugas TNI AD.

Selanjutnya Irjenad menyampaikan, fungsi pengawasan internal yang dilakukan oleh Itjenad di lingkungan TNI AD bukanlah hal yang baru, tetapi merupakan suatu bentuk sarana pengendalian organisasi dalam suatu sistem manajemen organisasi modern yang senantiasa harus dilakukan secara terus menurus dan berkesinambungan.

Acara yang berjalan dengan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut, dihadiri juga oleh Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Danrindam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO AL dan LO AU serta Dan/Ka Balakdam IX/Udayana Diikuti juga secara Virtual oleh Danrem 161/WS, Danrem 162/WB dan Danbrig 21/Komodo di masing-masing satuan.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here