Pasien Meningkat, RSUD Klungkung Akan Gunakan Ruang VIP Tempat Isolasi - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/19/20

Pasien Meningkat, RSUD Klungkung Akan Gunakan Ruang VIP Tempat Isolasi

 

Klungkung, dewatanews.com - Meningkatnya jumlah pasien suspek maupun terkonfirmasi positif Covid-19 mengakibatkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Klungkung kekurangan ruang isolasi. Pihak manajemen akhirnya memutuskan akan menambah ruang isolasi dengan menutup ruangan Paviliun/VIP untuk dijadikan ruang isolasi Covid-19.

Dikutip dari laman facebooknya, Dirut RSUD Klungkung, dr. Nyoman Kesuma menyebutkan hingga Selasa (18/8) total pasien yang dirawat di RSUD Klungkung mencapai 77 orang terdiri dari 26 suspek Covid-19 diantaranya 4 ibu nifas dan 51 orang confirm positif dengan 2 orang ibu nifas. 

 

“Kami harus rapat kembali untuk mencari solusi karena lagi ada 8 orang pasien suspek covid-19 yang belum mendapat ruang isolasi yaitu 2 orang membutuhkan isolasi ICU Covid-19 dan 6 orang ruang isolasi biasa. Selain itu ada 3 bayi dari 6 orang ibu suspek covid-19 yang dititipkan di ruang isolasi tetanus,” ujar Dirut Nyoman Kesuma.

Dari hasil rapat, akhirnya dicapai keputusan untuk menambah 1 ruangan lagi untuk menambah kapasitas ruang isolasi biasa dan 1 ruangan lagi untuk menambah kapasitas ICU Covid-19. Tambahan ruangan ICU Covid-19 dilakukan dengan mengalihkan ruang ICU biasa menjadi ruangan ICU Covid-19 sehingga akan menambah kapasitas total ICU Covid-19 menjadi 14 tempat tidur. Sedangkan untuk menambah ruangan isolasi biasa, manajemen dengan berat hati memutuskan akan menutup ruangan paviliun/VIP untuk dijadikan ruang isolasi Covid-19. Keputusan ini diambil karena tidak ada lagi alternatif lain, dimana kebetulan VIP berada 1 blok dengan ruang isolasi lainnya. 

 

“Jadi ruangan VIP yang selama ini menjadi sumber penting pendapatan RSUD Klungkung terpaksa harus direlakan demi menampung pasien Covid-19 yang semakin hari semakin meningkat,” jelas dr. Kesuma. 

Atas keputusan penting tersebut pihak RSUD menghadap Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta untuk meminta ijin selaku pemilik RSUD sekaligus melaporkan kondisi dan penanganan pasien Covid-19. Pada saat yang sama disampaikan juga kebutuhan tenaga perawat dan pendukung pelayanan Covid-19. 

 

Dalam postingannya itu, Dirut Nyoman Kesuma bersyukur karena Bupati Suwirta memahami kondisi dan hambatan yang dhadapi. Bupati setuju dengan keputusan manajemen RSUD Klungkung dan akan membantu tenaga yang dibutuhkan melalui perekrutan tenaga kontrak 6 bulan dengan sumber anggaran belanja tanggap darurat. Diharapkan dilakukan perekrutan secara cepat dan terbuka sesuai ketentuan. Apabila semuanya siap maka RSUD Klungkung memiliki kapasitas 92 tempat tidur ruang isolasi biasa, 14 tempat tidur ICU Covid-19 dewasa dan 6 tempat tidur isolasi bayi covid-19. 

 

“Dengan kapasitas total yang mencapai 112 tempat tidur bagi pasien Covid-19 semoga dalam waktu dekat kami tidak perlu rapat kembali untuk membahas masalah pasien Covid-19,” sebutnya.

Masih dari postingannya Dirut RSUD Klungkung, dr. Nyoman Kesuma berharap semoga tempat tidur yang disediakan tidak sampai terpakai semuanya karena kasus yang menurun. Hal ini bisa tercapai apabila penambahan kasus baru lebih kecil dibandingkan pasien yang berhasil sembuh. Dengan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak aman dan sering cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer pasti kasus baru akan bisa diturunkan. 

 

Untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan bukan berarti harus diam dirumah atau tidak bekerja. Sejak era New normal dilaksanakan maka masyarakat dipersilahkan untuk bekerja atau produktif dengan menerapkan kebiasaan baru.

 

“Semoga masyarakat sadar dan mau disiplin menerapkan protokol kesehatan terutama saat berada dalam keramaian,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com