Pangkoops Pamtas RI-RDTL : Akhir dari Suatu Tugas Adalah Awal dari Tugas Berikutnya - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/10/20

Pangkoops Pamtas RI-RDTL : Akhir dari Suatu Tugas Adalah Awal dari Tugas Berikutnya

 

Kupang, dewatanews.com - Bagi seorang Kesatria Pelindung Rakyat, Bangsa dan Negara, akhir dari suatu tugas adalah awal dari tugas berikutnya. Untuk itu, setelah upacara pelepasan ini, agar seluruh prajurit tidak terlalu larut dalam kegembiraan yang berlebihan, segera sesuaikan dengan tatanan norma dasar kehidupan prajurit di home base untuk pembinaan dan peningkatan kesiapsiagaan operasional.

Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara selaku Pangkoops Pamtas RI-RDTL dalam amanatnya saat memimpin langsung kegiatan Upacara pelepasan Satgas Pamtas RI-RDTL TA. 2019/2020, yang dilaksanakan di Lapangan Mako Lantamal VII Kupang, pada Senin (10/8/2020).

Pangdam selaku Pangkoops Pamtas RI-RDTL maupun pribadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Danyonif beserta seluruh Prajurit Yonif Raider 142/Ksatria Jaya, Yonif 132/Bima Sakti, serta Satgas Intel dan Satgas Bant Operasi, karena selama 11 bulan telah menjadi penjaga garda terdepan dalam Operasi Pamtas RI-RDTL TA. 2019/2020.

"Selama melaksanakan penugasan pengamanan perbatasan, tentunya para prajurit telah mendapatkan berbagai pengalaman berharga. Saya berharap, jadikan pengalaman yang diperoleh selama sebelas bulan di daerah penugasan sebagai bahan evaluasi sekaligus introspeksi dalam rangka mengembangkan kemampuan diri guna meningkatkan profesionalisme keprajuritan", tegas Pangdam.

Terkait pergeseran pasukan ke home base masing-masing, Pangdam berharap kepada para Danyon dan seluruh anggota Batalyon agar menjaga keamanan dan ketertiban selama dalam perjalanan serta adakan pemeriksaan dan pengecekan personel maupun materiil secara berkesinambungan.

"Selamat jalan hingga selamat sampai tujuan, serta sampaikan salam hormat untuk keluarga dan tetap laksanakan protokol kesehatan Covid-19 setelah sampai Home Base", ucap Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, tidak lupa Pangdam juga mengucapkan terima kasih kepada Danlantamal VII Kupang dan Komandan KRI Teluk Amboina dan Teluk Lampung yang telah membantu dan mendukung angkutan laut dan Dermaga Pangkalan Utama AL sehingga tugas Ops TNI AD dapat didukung dengan baik.

Sementara itu, Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto, S.I.P., dalam pernyataannya disela-sela mendampingi Pangdam mengungkapkan bahwa kontribusi Satgas kepada masyarakat di sekitar perbatasan seperti melaksanakan kegiatan Binter Terbatas, Karya Bhakti, Bhakti Sosial, Pengobatan Massal, Pembagian Sembako dan berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya sangat dirasakan manfaatnya.

"Salah satunya juga seperti yang telah dilaksanakan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 132/Bima Sakti yang telah berhasil membuat jembatan penghubung antar Desa dan Kabupaten, yakni Desa Noepesu di Kabupaten TTU dengan Desa Bonleu di Kabupaten TTS, sehingga mempermudah masyarakat untuk melaksanakan aktifitas", ungkap Kapendam.

Lebih lanjut Kapendam menyebutkan bahwa seluruh komponen Satgas Pamtas RI-RDTL TA. 2019/2020 telah berhasil mencegah pelintas batas ilegal dan mendapatkan beberapa pucuk senjata pabrikan dan rakitan serta berbagai jenis munisi. Adapun hasil penggagalan penyelundupan yakni 2.460 liter BBM, 43 dus tembakau Shag, 80 Kg pupuk petroganik, 5 dus Miras OB dan 19 dus Miras DS serta berbagai barang-barang selundupan diantaranya lainnya seperti pupuk hingga binatang ternak.

Dalam rangkaian upacara pelepasan, diadakan juga pemusnahan barang bukti senjata api, munisi dan bahan peledak, diantaranya 20 pucuk senjata springfield, 5 pucuk senjata rakitan laras panjang, 1 pucuk senjata rakitan laras pendek, 1 buah Magazen US 45, 5 butir Munisi kaliber 45 mm, 1 butir Munisi kaliber 38 mm, 1 butir Munisi kaliber 9 mm, 15 butir Munisi kaliber 7.62 mm dan 47 butir Munisi kaliber 5.56 mm.

Turut hadir dalam upacara tersebut antara lain Danrem 161/WS, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Danlantamal VII Kupang, Danlanud El Tari Kupang, Danbrigif 21/Komodo, Dandim 1604/Kupang, Danyonmarhanlan VII Kupang, Komandan KRI TLP-540, Komandan KRI AMB-503, Waka Binda NTT, Wakpolresta Kupang, Danpomal Lantamal VII Kupang, Ketua DPRD NTT, Sekda Kota Kupang, Kakansar Kupang dan Ka Imigrasi Kelas III Kupang serta undangan lainnya. (Pendam IX/Udayana)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com