Gubernur Koster Ikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Secara Daring - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

8/17/20

Gubernur Koster Ikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Secara Daring

 

Denpasar, dewatanews.com - Perayaan Hari Kemerdekaan  ke-75 Republik Indonesia (RI) pada tahun ini terasa berbeda. Kali pertama, upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang biasanya digelar secara fisik di Istana Merdeka, Jakarta, kini dilakukan secara virtual.

Hal ini dilakukan demi mencegah penularan virus Covid-19 serta mendukung protokol kesehatan tetap menjaga jarak atau social distancing.

Untuk dapat menyaksikan momen penuh khidmat tersebut, Gubernur Bali Wayan Koster beserta jajaranya turut mengikuti rangkaian Upacara Detik-detik Proklamasi ke-75 itu secara virtual atau daring yang bertempat di Gedung Gajah Jayasabha, Denpasar pada (17/8).

Gubernur Koster turut menyaksikan rangkaian acara hiburan yang digelar secara virtual oleh Sekretarian Negara RI. Di antaranya tari-tarian dari sejumlah daerah, lagu-lagu yang dinyanyikan beberapa artis, dan testimoni dari sejumlah tokoh nasional.

Di samping itu, beberapa hal spesial juga disiapkan untuk tetap menjaga kehikmatan sekaligus kemeriahan acara di Istana Kepresidenan itu. Misalnya dengan menghadirkan naskah konsep teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Bapak Proklamator Ir. Soekarno untuk bersanding dengan Sang Saka Merah Putih yang dijahit Ibu Fatmawati. Naskah asli tersebut ditempatkan di mimbar kehormatan.

Di sisi lain bertepatan pada momen itu pula, seluruh masyarakat Indonesia dianjurkan untuk menghentikan aktivitasnya sejenak selama tiga menit saat dilangsukan pengibaran bendera Merah Putih dan tanda sirine Detik-detik Proklamasi.

Imbauan tersebut tercantum dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara RI Nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020.

Di sela-sela menyaksikan jalannya upacara yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, terselip kebanggaan Gubernur Koster terhadap salah satu putra Pulau Dewata yang terpilih menjadi pengibar Bendera Merah Putih di Istana Negara. Ia adalah I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adinatha  yang bersekolah di SMA N 1 Mendoyo Jembrana.

Diharapkan prestasi yang ditunjukan oleh perwakilan dari Bali ini dapat menjadi pemantik semangat bagi putra-putri Bali yang lainnya untuk meningkatkan prestasi di kancah nasional maupun internasional.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here