Bhabinjar Dibentuk Untuk Kondusipitas Gianyar Santih Lan Jagathita - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

7/24/20

Bhabinjar Dibentuk Untuk Kondusipitas Gianyar Santih Lan Jagathita



Gianyar, dewatanews.com - Pemolisian masyarakat atau Community Policing merupakan suatu kegiatan Kepolisian untuk mengajak masyarakat melalui pola kemitraan anggota Polri dan masyarakat, untuk mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat ( kamtibmas ) dilingkungan serta menemukan pemecahan masalah.

Landasan instrumental terkait Pemolisian Masyarakat diatur dalam peraturan Kapolri, Perkap nomor 3 Tahun 2015, tentang Polmas, yang mana Masyarakat bukan merupakan obyek pembinaan, melainkan sebagai subyek dan mitra yang aktif dalam memelihara Kamtibmas di lingkungannya sesuai dengan hukum dan hak asasi manusia.

Apel perdana dilaksanakan di Endra Dharmalaksana Polres Gianyar yang diikuti oleh dua Polsek yaitu Polsek Gianyar dan Polsek Blahbatuh langsung melekat anggota Bhabinjar di masing-masing Banjar di dua Polsek, Jumat 24/7/20.

Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana, S.I.K., S.H., M.H., dalam trobosan kreatifnya, membentuk Bhayangkara Pembina Banjar ( Bhabinjar ), yang nantinya mampu memberikan informasi berkolaborasi dengan Bhabinkamtibmas di wilayah tugas masing-masing.

"Kapolres Gianyar menjelaskan Bhayangkara Pembina Banjar ( Bhabinjar ), akan ditunjuk dan ditempatkan sesuai asalnya, ( lokal boy ),  hal ini dimaksudkan lebih mudah beradaptasi dan bersosialisasi dengan masyarakat lingkungannya. Mampu mengidentifakasi permasalahan dan secara dini berusaha mencarikan jalan keluar atau solusi agar jangan menjadi komplik sosil yang berkepanjangan, " jelasnya.

Dilihat dari geografis wilayah hukum Gianyar, yang terdiri dari 70 desa/ kelurahan, dengan kompleksitas permasalah, kehadiran Bhabinjar sangatlah strategis, nantinya dapat membantu tugas-tugas Bhabinkamtibmas yang selama ini dilaksanakan hanya tiga pilar Bhabin, Babinsa dan Kepala desa / Lurah.

"Pembentukan Bhabinjar, mendapat apresiasi dari Bupati Gianyar dan Kapolda Bali, karena dapat membantu secara cepat masyarakat atau komunitas di wilayahnya, berkaitan dengan permasalahan kamtibmas yang terjadi dan juga mampu mengimplementasikan program Commanders Wish Kapolda Bali, yang pada gilirannya nanti tercipta kondusipitas wilayah menuju Gianyar yang Santih lan Jagathita, " pungkasnya. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com