Tim GTPP Covid-19 Denpasar, Lakukan Pemantauan dan Pengawasan di Pasar Rakyat - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/30/20

Tim GTPP Covid-19 Denpasar, Lakukan Pemantauan dan Pengawasan di Pasar Rakyat


Denpasar, dewatanews.com - Untuk mengantisipasi penularan Covid -19, terutama transmisi lokal di klaster pasar rakyat, Tim  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar terus melakukan pemantauan, pengawasan dan monitoring terhadap Pasar Rakyat  yang ada di Kota Denpasar.  Pemantauan, pengawasan dan monitoring di Pasar Rakyat harus dilakukan karena penyebaran virus Covid 19 sudah menimpa beberapa pedagang di Pasar rakyat. Hal ini disampaikan langsung Kadis Disperindag Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari saat dihubungi Selasa (30/6).

 

Lebih lanjut ia mengatakan,  kegiatan ini juga sebagai salah satu menindaklanjuti ketaatan dan kepatuhan dari pada pengelola pasar, pedagang pasar dan pengunjung pasar mengenai protokol kesehatan. Menurutnya dari pemantauan yang dilakukan sampai saat ini para pengelola pasar, pedagang maupun pengunjung telah memiliki kesadaran mengikuti protokol kesehatan. Semua itu bisa dilakukan, karena masyarakat sudah semakin sadar dan mengetahui bahwa klaster penyebaran Covid-19 berada dan terjadi di pasar. "Jadi kesadarannya telah tumbuh dalam dirinya sendiri bahkan Face Shield yang kami berikan telah dipergunakan oleh para pedagang," ungkap Sri Utari.

 

Tidak hanya itu Sri Utari mengaku pengelola pasar rakyat yang ada di Kota Denpasar juga telah mulai menggarap atau memasang pembatas plastik di pasar sehingga ada pembatas antara pedagang dan pembeli. Tindakan itu juga sebagai salah satu upaya mereka dalam mencegah penyebaran covid 19 antara pertemuan pedagang dan pembeli. Bahkan sampai saat ini sudah ada beberapa pasar rakyat yang sudah memasang  pembatas plastik seperti Pasar Kerta Waringin Sari, Pasar Penatih, Pasar Sindu dan beberapa pasar lainnya. Sedangkan untuk pasar yang dikelola Perusahaan Daerah telah semuanya memasang pembatas plastik dan mengikuti protokol kesehatan.

 

Untuk meyakinkan pasar rakyat aman untuk dikunjungi oleh masyarakat pihaknya berharap pengelola pasar membuat Video minimal 5 menit langkah-langkah atau upaya  yang telah dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.  Sehingga masyarakat tidak ada rasa was was ketika  ingin ke pasar.

Selain itu bagi pengelola pasar rakyat tetap memberikan imbauan melalui pengeras suara kepada pedagang maupun pengunjung yang merasa tidak enak badan atau sakit agar tidak ke pasar dulu sampai kondisinya membaik. 

Dengan terus melakukan pemantauan, pengawasan dan monitoring di pasar rakyat Sri Utari mengharapkan mereka semua mengikuti protokol kesehatan yang telah diberikan. Dengan demikian minimal bisa mencegah penyebaran covid 19 di Kota Denpasar.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com