Stop Transmisi Lokal, GTPP Covid-19 Kota Denpasar Maksimalkan Tes Swab Massal - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/10/20

Stop Transmisi Lokal, GTPP Covid-19 Kota Denpasar Maksimalkan Tes Swab Massal


Denpasar, dewatanews.com - Arahan Pemerintah Pusat untuk melaksanakan deteksi awal kasus Covid-19 di daerah ditindaklanjuti serius oleh Pemkot Denpasar. Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Kota Denpasar secara berkelanjutan terus melaksanakan tracking, screening dan testing masal berupa rapid tes dan swab tes berbasis PCR

Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat memberi keterangan pers Rabu (10/6) di ruang Press Room Kantor Walikota menjelaskan bahwa Pemkot Denpasar berkomitmen untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19. Selain upaya pencegahan yang terus dimaksimalkan, penemuan kasus juga menjadi kunci utama penanganan medis maupun pencegahan dini penularan Covid-19.

“Tes masal baik Rapid Tes maupun Swab Tes terus kami maksimalkan untuk menemukan kasus dan mengantisipasi penyebaranya. Ini merupakan bagian dari strategi untuk memutus penyebaran covid 19, sehingga nanti bisa lebih cepat bisa berproduktivitas dengan aman,” ujar Dewa Rai.

Lebih lanjut dikatakan, hingga saat ini Pemkot Denpasar telah melakukan tes baik rapid maupun swab kepada 3.426 warga di Denpasar. Mereka yang dites ini merupakan warga asli Denpasar maupun warga luar Denpasar yang masuk ke Kota Denpasar

Dewa Rai menambahkan, tes sejumlah 3.426 warga ini dilakukan hanya dilakukan oleh Pemkot Denpasar. Selain itu, adapula pihak swasta yang melakukan tes secara mandiri.  Pelaksanaan testing secara masif dilakukan karena kasus transmisi lokal semakin meningkat, jadi kegiatan testing massal ini adalah juga merupakan strategi untuk menyetop transmisi lokal," katanya.

“Jika ada pertanyaan mengapa kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar cenderung mengalami peningkatan, hal ini lantaran screening, testing dan tracking yang dilanjutkan dengan swab tes massal yang digelar secara masif, sehingga klaster penyebaran dapat terindentifikasi, dan penanganan serta pencegahan dapat dilaksanakan secara tepat sasaran, dengan langkah lanjutan seperti bloking, isolasi dan treatmen,” katanya. 

Selebihnya Dewa Rai mengatakan GTPP covid 19 Denpasar kedepan akan semakin menggencarkan pelaksanaan tes swab secara masif agar bisa segera memutus penyebaran covid 19. 

"Langkah itu tentu harus dibarengi pelaksanaan protokol kesehatan yang semakin ketat dan disiplin. Peran serta dan partisipasipasi masyarakat sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan penanganan covid di Kota Denpasar," pungkas Dewa Rai.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com