Pemkab Klungkung Gelar Rapat Final RPKP Pariwisata Gema Santi Nusa Penida - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/1/20

Pemkab Klungkung Gelar Rapat Final RPKP Pariwisata Gema Santi Nusa Penida


Klungkung, dewatanews.com - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memimpin rapat final Rencana Pembangunan Kawasan Perdesaan (RPKP) Pariwisata "Gema Santi" Nusa Penida. Rapat diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Klungkung I Wayan Wasta dan instansi terkait di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Senin (1/6). 

Rapat digelar sebagai tindak lanjut Pemerintah Kabupaten Klungkung mengusulkan Nusa Penida sebagai Kawasan Perdesaan Prioitas Nasional (KPPN) ke Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk diimasukkan kedalam RPJMN 2020-2024. 

Selain itu, penyusunan RPKP ini bertujuan merumuskan kebijakan pengembangan kawasan perdesaan strategis yang terpadu antar sektor, antar wilayah, dan antar tingkat pemerintahan berdasarkan kebutuhan jangka menengah (5 tahun) dan jangka pendek (1 tahun) guna meningkatkan fungsi kawasan perdesaan yang mandiri, maju, berdaya saing dan berkelanjutan. 

Bupati Suwirta dalam arahanya meninta semua OPD untuk lebih serius dan optimis merancang semua perencanaan. Dari perencanaan ini, diwajibkan semua OPD membuat rancangan perencanaan untuk mengajukan usulan-usulan ke Kementerian terkait. 

"Semua OPD harus proaktif dan berani bermimpi untuk mewujudkan ini. Semakin kita proaktif maka kita lebih cepat mewujudkan nusa penida sebagai titik ungkit pembangunan Kabupaten Klungkung," Ujar Bupati asal Nusa Ceningan ini. 

Pihaknya juga menngatakan diperlukan percepatan pembangunan lintas sektor, koordinasi dan sinergi antar lini dalam pembangunan Kawasan Perdesaan dengan prioritas Pariwisata Nusa Penida sebagi titik ungkit pembangunan. 

Banyaknya permasalahan yang menonjol yang harus dituntaskan di kawasan perdesaan yakni persoalan air bersih yang belum memenuhi kebutuhan semua warga Nusa Penida, minim fasilitas pariwisata, infrastruktur pendukung pariwisata, jalan, listrik, inovasi produk unggulan dan lainnya. Sehingga diperlukan komitmen dan kerja konkrit dari semua lembaga termasuk dukungan swasta. 

"Diharapkan nanti sasaran pembangunan kawasan perdesaan di Pulau Nusa Penida adalah pengembangan produk/komoditas unggulan pariwisata dengan dukungan sektor lainnya," harapnya. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com