Kodim Jembrana Tanam Padi di Lahan Demplot Milik Warga Binaan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/8/20

Kodim Jembrana Tanam Padi di Lahan Demplot Milik Warga Binaan


Jembrana, dewatanews.com - Di tengah Pandemi COVID-19, sebagai upaya untuk mewujudkan ketahanan angan, Kodim 1617/Jembrana melaksanakan penanaman padi di atas lahan Demplot milik warga petani binaan Kodim 1617/Jembrana.

Penanaman padi jenis Inpari dengan sistem tanam Jajar Legowo (2 : 1)tersebut berlokasi di lahan seluas 1 Hektare milik I Ketut Wela, warga Subak Tegal Jati, Desa Baluk, Kecamatan  Negara,  Jembrana dilaksanakan, Senin (08/06/2020). 

Kegiatan penanaman ini mengambil tema "Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan, Wujud Kepedulian TNI-AD Terhadap Perekonomian Bangsa".

Dengan menerapkan sistem tanam Jajar Legowo (2 : 1) dengan varietas  yang baik dan unggul maka dari sisi penghasilan akan lebih besar dan bisa membantu masyarakat petani dan juga pemerintah daerah. 

"Jika produksi terus meningkat maka tidak perlu lagi mendatangkan padi dari luar daerah. Dalam pemenuhan kebutuhan padi menjadi satu dari tiga produk unggulan program prioritas di Kementerian Pertanian.

Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav. Djefri Marsono Hanok ditemui pada acara tersebut mengucapkan terima kasih kepada pemilik lahan I Ketut Nela yang memberikan tanahnya untuk program Demflot tanam padi Kodim 1617/Jembrana.

"Hal ini setidaknya menjadi pelajaran dan edukasi bagi Para Babinsa yang kemudian dapat menyalurkan apa yang telah didapatkan hari ini terkait cara menanam padi dengan sistem Jajar legowo (2 : 1) yang nantinya dapat diterapkan di wilayah binaannya di desa-desa yang  memiliki lahan sawah", sebut Dandim. 

Lebih lanjut dikatakan apa yang dilakukan satuannya  adalah sebagai wujud dukungan penuh kepada pemerintah, khususnya di bidang ketahanan pangan. Dengan harapan, apa yang kita laksanakan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. khususnya untuk memantapkan Kabupaten Jembrana sebagai lumbung pangan", tegas Dandim.

Sedikit informasi bahwa cara tanam padi Jajar legowo (2 : 1) yaitu setiap dua baris tanaman diselingi oleh satu barisan kosong yang memiliki jarak dua kali dari jarak tanaman antar baris, sedangkan jarak tanaman dalam barisan adalah setengah kali jarak tanam antar barisan.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan  pelaksanaan tanam padi secara simbolis oleh Dandim 1617Jembrana dan dilanjutkan oleh Para Babinsa.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com