"Jumat Bersih" Kodim Klungkung Bersihkan Tempat Ibadah - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

6/13/20

"Jumat Bersih" Kodim Klungkung Bersihkan Tempat Ibadah


Klungkung, dewatanews.com - Hari Jumat secara umum identik dengan kegiatan Jumat Bersih. Kegiatan akhir pekan tersebut juga dilaksankan oleh Kodim 1610/Klungkung dan Jajaran serta melibatkan warga masyarakat bergerak bersama melaksanakan kegiatan "Jumat Bersih", yang kali ini sasarannya untuk membersihkan tempat-tempat ibadah yang ada di wilayah Klungkung Jumat (12/06).

Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon menjelaskan kegiatan Jumat Bersih ini tidak semata untuk melakukan pembersihan rutin terhadap tempat-tempat ibadah tetapi dalam kondisi saat ini yaitu Pandemi COVID-19 juga sebagai salah satu langkah yang dilakukan dalam  mencegah penyebaran Virus Corona tersebut dengan membersihkan tempat-tempat ibadah seperti Masjid, Pura, Gereja dan Wihara dengan mengajak dan melibatkan pengurus dari masing-masing tempat ibadah. 

"Ini upaya kita dalam mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih, yang tidak saja bagi diri kita tetapi juga lingkungan kita, termasuk tempat ibadah", sebut Dandim. 

Menurutnya Kodim 1610-Klungkung melalui Koramil Jajaran bersama masyarakat secara serentak melakukan pembersihan tempat-tempat ibadah dan sarana perlengkapan lainnya.

"Menjaga kebersihan merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Virus Corona dan hari ini kita bersama warga bergotong royong membersihkan setiap tempat ibadah yang ada di wilayah Koramil Jajaran", kata Dandim.

Dikatakannya, kita melaksanakan pembersihan area di sekitar tempat ibadah dan sarana lainnya yang digunakan sebagai fasilitas saat ibadah. 

Dandim juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan serta selalu berdoa agar terhindar dari Pandemi COVID-19 tersebut dengan menerapkan  himbauan pemerintah terkait protokol kesehatan. 

"Tetap jaga kesehatan kebersihan diri dan lingkungan, gunakan masker, rajin cuci tangan, siapkan hand sanitizer, jaga jarak, konsumsi makanan yang bergizi dan rajin berolahraga. Jika merasa sakit segera periksa dan jangan lupa untuk selalu beribadah dan berdoa", pesan Dandim Letkol Paulus Joni Simbolon. 

Adapun rangkaian kegiatan Jumat Bersih serentak Kodim 1610/Klungkung bersama Jajaran diantaranya dilaksanakan di wilayah Koramil 1610-01/Klungkung berlokasi di Masjid Al-Hikmah, Kelurahan Semarapura Kangin, Kampung Lebah yang juga dihadiri oleh Ketua Takmir Masjid Al Hikmah dan pengurus

Kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Masjid Nurul Huda, Desa Kampung Gelgel serta dilaksanakan penyemprotan cairan disinfektan, yang dihadiri oleh Ketua Takmir dan Pengurus Masjid

Lanjut di Pantai areal Pura Watuklotok, Desa Tojan  bersih-bersih dilaksanakan di Parkiran Pura maupun di seputaran Pantai Watuklotok yang dihadiri oleh Staf Desa, Anggota Rapi dan Simpatisan, Mahasiswa Liberti, Anggota Koramil 1610-01/Klungkung serta Pengempon Pura Watu Klotok. 

Untuk wilayah Koramil 1610-02/Banjarangkan pembersihan dilakukan di Jaba Pura Agung Kentel Gumi, Desa Tusan, Banjarangkan. Kegiiatan ini dihadiri oleh Danramil 1610-02/Banjarangkan beserta anggota, Camat Banjarangkan beserta Staf, Kapolsek beserta anggota, Penjabat Perbekel Tusan beserta Staf Desa. 

Di Wilayah Koramil 1610-03/Dawan kegiatan pembersihan dilakukan di Pura Dalem Desa Adat Dawan yang dihadiri oleh Danramil 1610-03/Dawan beserta anggota, Bendesa Adat Dawan beserta masyarakat, Staf Kecamatan Dawan, Para Kadus Desa  Dawan Klod maupun Dawan Kaler. 

Sementara di Wilayah Koramil 1610-04/Nusa Penida kegiatan dilaksanakan di dua tempat yaitu di areal Pura Penataran Ped yang dihadiri oleh Anggota Koramil 1610-04/ Nusa Penida bersama pengurus dan Pengayah Pura Penataran Ped serta di Masjid Al-Imron Desa Kampung Toyapakeh yang dihadiri oleh Ketua Takmir Masjid Muhammad Juaeni Ketua Marbot Haji Sahran serta Pengurus Masjid, Anggota Koramil 1610-04/Nusa Penida dan Babinkamtibmas Kampung Toyapakeh.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here