FT UNR Gelar Baksos di Kelurahan Penatih, Upaya Penanggulangan Covid-19 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

5/14/20

FT UNR Gelar Baksos di Kelurahan Penatih, Upaya Penanggulangan Covid-19


Denpasar, dewatanews.com - Sebagai salah satu bagian dari pengabdian masyarakat, kaum insan cerdik cendikia (termasuk mahasiswa dan dosen) wajib memiliki rasa kepedulian atas permasalahan yang berkembang di sekitarnya. Seperti saat ini, ketika dunia disibukkan dengan penyebaran wabah COVID-19, mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi juga hendaknya tidak hidup seperti katak dalam tempurung. 

Mustinya mereka harus tanggap dan harus tergerak hatinya untuk bisa membantu sebisanya. Itulah sepenggal pesan dari Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Ngurah Rai (UNR), Ir. I Gusti Made Sudika, MT. ketika pada tanggal 13 Mei 2020 kemarin menyerahkan bantuan dalam rangka kegiatan Pengabdian Masyarakat di Puskemas II Dentim dan Balai Banjar Saba, Kelurahan Penatih Denpasar Timur.

FT UNR dengan dua Program Studinya (Prodi), yaitu Arsitektur dan Teknik Sipil telah rutin melakukan kegiatan bakti sosial (baksos) setiap semester sebagai bagian pertanggungjawaban dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Insan perguruan tinggi tidak hanya berkewajiban menuntut ilmu di bangku perkuliahan di kampus, atau melakukan penelitian, tetapi juga harus memiliki rasa empati dengan kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat. Toh ilmu yang didapat tidak akan berguna jika tidak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh FT UNR kali ini pun mengambil tema khusus yaitu “Peduli Lingkungan Sekitar Kampus dalam Usaha Mencegah Penularan Covid-19”. 

Lokasi pengabdian yang dipilih dengan hati-hati dengan pertimbangan adanya rencana pembatasan kegiatan masyarakat oleh pemerintah daerah, maka ditentukan bahwa lokasi pengabdian difokuskan untuk fasilitas medis terdekat dari kampus yaitu UPTD Puskesmas II Denpasar Timur, serta lingkungan dimana kampus berdiri, yaitu Banjar Saba, Desa Penatih, Kecamatan Denpasar Timur.

Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa tenaga kesehatan adalah garda terdepan yang bertugas dalam menghadapi pandemic COVID-19, dan bahwa masyarakat sekitar harus mendapatkan manfaat langsung dari kegiatan pengabdian kali ini.


Dalam kegiatan ini, diserahkan bantuan berupa 100 pcs pelindung wajah (faceshield) dan 200 pcs masker sekali pakai (disposable mask) untuk tenaga kesehatan di UPTD Puskesmas II Denpasar Timur yang penerimaannya dilakukan oleh Kepala Puskesmas II Denpasar Timur, dr. I Made Buda Wisnawa, M. Kes.

Selain itu, juga diserahkan 400 pcs masker dan 50 paket sembako untuk masyarakat Banjar Saba, Penatih yang penerimaannya diwakilkan oleh I Ketut Sujana selaku Kepala Lingkungan Banjar Saba, sekaligus Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 di Banjar Saba.

Baik Kepala Puskesmas II Denpasar Timur maupun Kepala Lingkungan Banjar Saba sama-sama menghaturkan rasa terima kasih atas bantuan dari Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai dan berharap agar bantuan ini adalah bagian dari upaya untuk civitas akademika dimanapun berada untuk terus mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran penyakit mematikan ini.

Terakhir, Dekan Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai juga berharap agar bantuan dapat bermanfaat dan sedikit banyak meringankan beban tenaga medis dan masyarakat.

Fakultas Teknik Universitas Ngurah Rai dengan 2 pilihan program studinya (Teknik Sipil dan Arsitektur) pada Tahun Akademik 2020/2021 ini juga masih membuka pendaftaran Mahasiswa Baru. Peminat dapat menghubungi no telp: 082 146 527 647/ 082 146 527 637 (WA/ Line) atau langsung via website https://pmb.unr.ac.id/. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here