Bangun Ketahanan Pangan, Begini Kiprah Babinsa Serda Wenda Tarigan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/31/20

Bangun Ketahanan Pangan, Begini Kiprah Babinsa Serda Wenda Tarigan


Tabanan, dewatanews.com -  Bintara Pembina Desa atau Babinsa yang bertugas di desa merupakan ujung tombak satuan teritorial TNI AD  dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang (RAK Juang) yang tangguh serta menciptakan kekuatan pertahanan di darat dengan mengembangkan setiap potensi pertahanan yang ada di wilayahnya.

Tugas tersebut menjadi pendorong atau motivasi setiap Babinsa dalam melaksanakan tugasnya. Seperti yang telah dilakukan oleh Babinsa Desa Tegal Jadi Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan Serda Wenda Tarigan, Babinsa yang pernah menerima penghargaan dari Pemkab Tabanan karena kiprahnya di bidang kesehatan yang telah membantu pemerintah daerah dalam upaya memberantas "Stop Buang Air Besar Sembarangan", dengan  mensukseskan program pemerintah dan program TNI AD dalam jambanisasi di wilayah.

Waktu itu atas inisiatif dan kemampuan yang dimiliki Babinsa Serda Tarigan telah membantu warganya yang kurang mampu untuk memiliki jamban sehingga tidak lagi membuang hajat sembarangan dan hal tersebut mendapat apresiasi dari  Pemkab Tabanan  dan dianugerahi penghargaan di bidang kesehatan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2018 lalu.

Dengan keberhasilannya tersebut Babinsa Serda Tarigan tidak langsung puas dengan apa yang telah ia raih dan terus berkarya di desa binaannya untuk membantu kesulitan rakyat di sekilingnya termasuk dalam upaya membangun ketahanan pangan. 

Serda Tarigan berperan aktif melakukan komunikasi sosial terkait pertanian dan tidak segan atau canggung untuk membantu petani dalam beraktiivtas bersama dengan para petani.

Salah satunya seperti yang ia lakukan pada Pada Sabtu (30/05)  dirinya membantu panen padi milik I Wayan Sudarsa anggota Subak Pengembungan seluas 20 are dengan jenis Padi Mikongga.

Adapun pemotongan panen padi menggunakan Alsintan Conbien Matador milik Subak Pengembungan.

Menurut Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto, Babinsa Tegal Jadi anggota Koramil 1619-06/Marga merupakan anggota  yang dikenal rajin dan berdedikasi terhadap tugas yang diberikan kepadanya dan ringan tangan untuk membantu masyarakat

"Seorang Babinsa memang seharusnya demikian sehingga dapat membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya dan kehadirannya selalu memberikan manfaat dan ditunggu-tunggu oleh warganya", ujar Dandim.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com