[Simulasi] Polisi Tangani Korban Laka Lantas Terjangkit Virus Covid-19 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

4/27/20

[Simulasi] Polisi Tangani Korban Laka Lantas Terjangkit Virus Covid-19


Buleleng, dewatanews.com - Berawal dari laporan masyarakat yang menyampaikan kepada petugas kepolisian yang sedang melaksanaan pengaturan lalu lintas telah terjadi laka lantas di Jalan Ngurah Rai Singaraja. 

Dengan sigap dan tanggap Polisi langsung bersama-sama masyarakat menuju ketempat kejadian perkara, terlihat dengan jelas korban sudah tergeletak di pinggir jalan.

Petugas lalu lintas yang ada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) langsung menghubungi Unit Laka Lantas untuk penanganan lebih lanjut. Setelah unit TPTKP (Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara) tiba di TKP dikejutkan dengan adanya pemberitahuan bahwa korban laka lantas adalah seorang PMI (Pekeja Migran Indonesia) dari Italia yang sudah diketahui bahwa Negara tersebut sedang mengalami krisis covid 19. 

Mengetahui korban terjangkit coid 19, selanjutnya team TPTKP yang hanya  menggunakan APD level 1 hanya menggunakan sarung tangan, masker dan kaca mata selanjutnya meminta bantuan kepada unit reaksi cepat yang menangani covid 19 untuk segera menuju TKP.

1 (satu) unit ambulance datang ke TKP dan terlihat team penanganan covid turun dari mobil sudah menggunakan pakaian lengkap APD level 2, membantu menangani korban laka lantas. Pertama yang dilakukan adalah memeriksa denyut nadi korban, karena masih hidup kemudian korban diangkat dan dinaikkan ketandu untuk selanjutnya dengan menggunakan mobil ambulance milik Polres Buleleng korban dibawa ke RSUD Kabupaten Buleleng.

Selanjutnya penanganan TKP diambil alih oleh team TPTKP yang sebelumnya di lokasi kejadian disemprotkan cairan desinfektan untuk membasmi virus corona.

Kejadian diatas merupakan simulasi yang dilakukan dihalaman Polres Buleleng pada hari Selasa (27/4) dalam menangani korban laka lantas yang diamsusikan korban terjangkit covid 19.

Kabag ops Polres Buleleng menyampaikan, simulasi ini dilakukan untuk menjaga-jaga bilamana terjadi laka lantas atau korban covid 19 yang penanganannya dilakukan Polres Buleleng. Ketika ada kejadian seperti dalam simulasi, team reaksi cepat penanganan Covid 19 tidak tanggung-tanggung lagi dalam menanganinya, cetus Kompol A.A. Wiranata Kusuma, S.H.,M.H.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here