Pemkab Buleleng Bagikan 3 Ribu Masker Gratis Untuk Puskesmas - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

3/21/20

Pemkab Buleleng Bagikan 3 Ribu Masker Gratis Untuk Puskesmas


Buleleng, dewatanews.com - Sebanyak 3000 masker dibagikan secara gratis oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng untuk pasien yang dirawat di seluruh Puskesmas di Kabupaten Buleleng. Masker gratis ini diberikan untuk mencegah penyebaran virus baik itu covid-19 atau virus-virus menular lainnya. Masker ini diserahkan langsung kepada Kepala Puskesmas se-Kabupaten Buleleng oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST di Ruang Rapat Bupati Buleleng, Jumat (20/3).
Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST mengatakan pembagian masker ini dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini, diutamakan bagi pelayanan kesehatan, yaitu puskesmas, pasien serta petugas yang bersentuhan langsung dengan pasien.
“Sekarang kita Cuma bisa membagikan 3000 dulu, kalau besok atau lagi dua hari datang, maka kami akan langsung berikan lagi,” ucap Bupati Suradnyana.
Pemberian secara bertahap ini dilakukan karena ketersediaan masker sangat langka di pasaran. Namun, ia mengaku sudah menyediakan anggaran untuk itu. Bupati Suradnyana mengatakan, anggaran ini sudah sesuai dengan persetujuan.
“Dana sudah ada tapi belinya susah. Kami sudah cari kemana-mana tapi tidak ada. Bahkan Alat Pelindung Diri (APD) susah sekali dicari, saya sudah memerintahkan pak Wakil untuk menghubungi pihak produsen di Jawa tengah terkait ketersediaan barang,” jelasnya.
Dirinya kembali menghimbau kepada masyarakat Buleleng yang baru pulang bekerja di Luar negeri untuk segera memeriksakan diri di RSUD Buleleng. Bupati yang akrab disapa PAS ini memutuskan hal tersebut dikarenakan, di Puskesmas susah untuk menjalankan social distancing.
“Ini saya putuskan agar kemungkinan penyebaran virus tidak meluas. Jadi untuk sodara-sodara saya yang baru pulang dari bekerja di luar negeri jangan pulang ke rumah dulu, langsung perikas di RSUD Buleleng atau di RS Pratama Giri Emas,” himbaunya.
Bupati Suradnyana menegaskan, pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah penularan virus covid-19 atau corona. Dia mengaku, akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Bali terkait penanganan masyarakat Buleleng yang baru pulang dari luar negeri.
“Saya akan meminta Pemprov Bali untuk menyediakan model penanganan. Ada banyak gedung yang bisa digunakan untuk mengkarantina masyarakat yang baru pulang dari luar negeri,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com