Gelar Ritual Mesucian, Warga Sebatu Melintasi Longsor Tebing - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

3/8/20

Gelar Ritual Mesucian, Warga Sebatu Melintasi Longsor Tebing


Gianyar, dewatanews.com - Warga Banjar/Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, terpaksa melalui longsoran tebing dijalan menuju Pura Pesucian setempat, minggu (8/03) sore.

Ini setelah menunggu berjam-jam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar untuk melakukan evakuasi material yang menimbun badan jalan.

Menurut warga, I Wayan Ardika, tebing dengan ketinggian lebih dari dua puluh lima meter ini longsor sekitar pukul 13.00 Wita dan kini masih dalam penanganan, " longsornya sekitar jam satu tadi, dan petugas kini menangani", ungkapnya.

Sedangkan hari ini warga harus menggelar upacara mesucian serangkain menyambut Upacara Nyepi mendatang.

Untuk menjangkau lokasi Pura Pesucian terdekat ini, warga harus melalui jalur yang tertimbun longsor. Jalur turunan menuju Banjar Bonjaka, Desa Sebatu, Tegallalang, Gianyar ini, selain tebing di kiri kanan dan jalan,  yang cukup tinggi dan terjal, kondisi tanah juga labil.

Lebih-lebih di musim hujan, jalur ini sangat, rentan terjadi longsor. "Sejatinya sudah tertunda sekitar dua jam, tetapi sekarang harus segera digelar", tambahnya.

Walau berbahaya, jalan licin dan rawan longsor susulan, ini tetap dilakukan warga sebelum hari menjelan petang. Tidak hanya mengakibatkan tertundanya ritual keagamaan, tetapi jalur menuju Banjar Bonjaka dan Desa Taro, Tegallalang, kini juga terisolir. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here